Ini Wisata Baru Balikpapan, Bermalam di Bagang!

Kompas.com - 11/04/2017, 09:22 WIB
Keberadaan bagang atau rumah tangkap ikan di tengah laut di perairan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur bisa jadi obyek wisata. Parakayu, organisasi edukasi dan wisata lingkungan hidup mengemas bagang ini jadi tempat piknik yang tidak biasa. ARSIP PARAKAYU Keberadaan bagang atau rumah tangkap ikan di tengah laut di perairan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur bisa jadi obyek wisata. Parakayu, organisasi edukasi dan wisata lingkungan hidup mengemas bagang ini jadi tempat piknik yang tidak biasa.
|
EditorI Made Asdhiana

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Potensi wisata di bentang alam laut lepas bukan cuma soal pemandangan. Parakayu, organisasi anak muda Balikpapan di Kalimantan Timur, menawarkan sensasi baru soal berwisata di laut.

Organisasi berbasis edukasi dan wisata lingkungan hidup bagi semua kalangan ini menawarkan kenikmatan, pengalaman, dan sensasi saat berada semalaman di bagang ikan di tengah laut.

"Kita menginap semalam saja. Kita manfaatkan hari Sabtu dan Minggu," kata Bestifitraini, Koordinator Ecotour Parakayu, Senin (10/4/2017).

(BACA: Kampung Warna Warni Teluk Seribu, Obyek Wisata Baru di Balikpapan)

Bagang merupakan rumah tangkap ikan yang berdiri di tengah laut. Bentuknya ada yang terdiri dari pondok-pondok dengan bentangan jaring di bawahnya.

Pondok itu berdiri di atas tonggak dari kayu yang menancap sampai 25 meter ke dalam laut, dan kebanyakan tonggak atasnya terdiri dari jalinan bambu dan kayu bulat.

Bagang merupakan alat tangkap kreatif yang banyak dibikin nelayan Sulawesi. Selain berdiri tetap, ada pula bentuk perahu dengan fungsi serupa.

(BACA: Pemkot Balikpapan Resmikan Destinasi Wisata Teluk Seribu)

Baik pondokan atau perahu cara tangkapnya mirip, yakni saat malam hari dengan bantuan lampu-lampu sangat terang untuk memancing ikan berkumpul dan bermain di bawah bagang.

ARSIP PARAKAYU Beginilah salah satu aktivitas piknik di bagang, Balikpapan, Kalimantan Timur. Sesi bakar ikan tangkapan dan menyantap sepuasnya semalaman jadi salah satu waktu menyenangkan. Aktivitas lain, bisa memancing, menyelam, dan selfie berlatar cakrawala.
Saat ikan terkumpul itulah kemudian jaring ditarik ke atas dan tertangkaplah banyak jenis ikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X