Bus "Wonderful Indonesia" Mondar-mandir di Paris

Kompas.com - 12/04/2017, 08:10 WIB
Bus yang dibungkus branding Wonderful Indonesia mondar-mandir di jalan-jalan protokol Kota Paris, Perancis, Selasa (11/4/2017). Nuansanya mirip saat sepak bola Piala Dunia 2016 lalu. Promosi ini digelar 11 April hingga 9 Mei 2017. ARSIP KEMENPARBus yang dibungkus branding Wonderful Indonesia mondar-mandir di jalan-jalan protokol Kota Paris, Perancis, Selasa (11/4/2017). Nuansanya mirip saat sepak bola Piala Dunia 2016 lalu. Promosi ini digelar 11 April hingga 9 Mei 2017.
EditorI Made Asdhiana

PARIS, KOMPAS.com – Setelah sukses menyebarkan branding Wonderful Indonesia di 20 bus city tour pada Piala Eropa (EURO) 2016, Selasa (11/4/2017), country branding pariwisata Indonesia itu kembali ditampilkan pada 8 bus Opentour di Paris, Perancis. Promosinya digelar 11 April hingga 9 Mei 2017.

"Ini adalah kegiatan branding yang bermain di bus di Paris," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran persnya di Jakarta.

Menurut Arief, Paris itu kota dengan jumlah wisatawan terbesar. Diluncurkan bulan April untuk menyongsong liburan pertengahan tahun.

(BACA: Bus Wonderful Indonesia Sedot Perhatian Warga Berlin)

Menpar menyadari biaya promosi Wonderful Indonesia sangat terbatas. Karena itu harus menggunakan banyak cara agar branding yang sudah berada di posisi 47 dunia itu tidak melorot.

"Sesungguhnya berat, karena brand itu harus di-maintain, dan dinaikkan value-nya. Tentu, untuk itu perlu budget," katanya.

Menyiasati budget, Menpar Arief mencari momentum dan memilih media promosi yang pas. Bus, trem, kereta, taksi, transportasi publik ternyata lebih efektif, lebih viral, dan mewarnai media sosial.

ARSIP KEMENPAR Bus yang dibungkus branding Wonderful Indonesia mondar-mandir di jalan-jalan protokol Kota Paris, Perancis, Selasa (11/4/2017). Nuansanya mirip saat sepak bola Piala Dunia 2016 lalu. Promosi ini digelar 11 April hingga 9 Mei 2017.
Menurut Menpar promosi tidak boleh berhenti meski jumlah wisatawan asing ke Indonesia terus meningkat. Alhasil, Perancis pun dilirik. Bus yang dibungkus branding Wonderful Indonesia kembali mondar-mandir di Perancis. Nuansanya mirip saat sepak bola Piala Dunia 2016 lalu.

Dengan desain bertema selancar, Danau Toba dengan rumah tradisional Batak, anak-anak Indonesia dengan pakaian tradisional dari berbagai daerah, diving kelas dunia, Pulau Komodo, gadis Bali dan Candi Borobudur, bus-bus itu menjadi pemandangan unik di tengah kepadatan di Kota Paris.

(BACA: Usai ke Raja Ampat, Ini Penuturan Perempuan Perancis...)

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X