Kompas.com - 13/04/2017, 08:26 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Layaknya Indonesia, beberapa negara di dunia memerbaharui regulasi visa mereka. Hal ini ditujukan agar negara tersebut lebih mudah dimasuki oleh wisatawan, termasuk asal Indonesia.

Negara-negara di Asia Tenggara sudah tentu mudah dikunjungi turis Indonesia. Begitu pula negara-negara yang menetapkan Visa on Arrival (VOA).

Namun tahun ini, Skyscanner melihat kenaikan kunjungan wisatawan ke tiga negara ramah visa yaitu Jepang, Korea Selatan, dan Hongkong. Baru-baru ini Jepang menetapkan peraturan bebas visa untuk wisatawan Indonesia yang sudah memiliki paspor elektronik (E-Paspor).

BACA: Di Jakarta, E-Paspor Hanya Bisa Dibuat di 5 Kantor Imigrasi Ini

"Dengan negara-negara seperti Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan yang melonggarkan regulasi visa mereka bagi warga Indonesia, merencanakan liburan ke destinasi tersebut menjadi lebih mudah bagi wisatawan Indonesia," tutur Senior Marketing Manager Skyscanner.co.id, Yulianto Balawan dalam rilis yang diterima KompasTravel, Rabu (12/4/2017).

Kota-kota yang menjadi favorit di tiga negara tersebut adalah Tokyo, Osaka, Seoul, dan Hongkong. Tempat-tempat tersebut dipilih atas pertimbangan tiga faktor utama yakni biaya tiket PP menuju destinasi, biaya hidup di destinasi tersebut, serta ramah atau tidaknya regulasi visa.

Nami Island, Korea Selatan adalah pulau wisata yang berjarak dua jam dari Seoul.
Seoul di Korea Selatan serta Tokyo dan Osaka di Jepang merupakan tujuan populer bagi warga Indonesia. Dua negara ini terbilang ramah visa, namun biaya rata-rata untuk makanan setiap harinya dapat melebihi Rp 106.632 per orang. 

Hal sama juga berlaku untuk Hongkong. Kota ini menetapkan regulasi ramah visa bagi turis Indonesia, namun biaya hidupnya terbilang tinggi jika dibandingkan dengan rupiah.

BACA: 4 Cheesetart Asal Jepang yang Sedang Hits di Jakarta

Jika ingin liburan ke Tokyo, bujet yang harus Anda siapkan adalah sekitar Rp 13 juta. Berbeda tipis dengan Osaka yang bujet kisarannya adalah Rp 12 juta. Jika ingin liburan ke Seoul, siapkan bujet sekitar Rp 11 juta.

Skyscanner menemukan satu lagi destinasi yang memiliki harga tiket PP cukup murah, yakni Perth (Australia). Skyscanner menghitung bahwa Anda hanya butuh bujet sekitar Rp 7,4 juta untuk liburan ke Perth.

Namun sayang, negara Australia dianggap kurang ramah visa dan biaya hidupnya kurang terjangkau bagi pelancong Tanah Air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.