Kompas.com - 13/04/2017, 21:06 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Maskapai nasional Garuda Indonesia rencananya akan membuka penerbangan langsung dari Jakarta ke Banyuwangi dan sebaliknya. Rencananya, penerbangan perdana akan dilakukan pada minggu ketiga bulan Juni 2017.

Hal itu diungkapkan Vice President PT Garuda Indonesia Region 2 (Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara), Flora Izza. Ia mengatakan, saat ini 20 persen dari penerbangan Garuda rute Banyuwangi-Surabaya adalah penumpang yang transit ke Jakarta.

"Kedatangan kami ke Banyuwangi ini dalam rangka mematangkan penerbangan direct flight Jakarta-Banyuwangi. Dan kami optimis pembukaan penerbangan langsung Jakarta -Banyuwangi dan sebaliknya akan meningkatkan jumlah penumpang, karena 20 persen penumpang dari Banyuwangi ke Surabaya adalah yang melanjutkan ke Jakarta," jelas Flora di Banyuwangi, Rabu (12/4/2017).

BACA: Memacu Adrenalin Menuju Surga-nya Penyu di Banyuwangi

Selain untuk wisatawan, penerbangan langsung tersebut juga menyasar pebisnis. Ini karena investasi terus tumbuh di Banyuwangi khususnya pada bidang argo, pertanian, dan pertambangan.

"Potensi pasar di Banyuwangi sangat potensial dan pariwisata Banyuwangi menjadi salah satu daya tariknya," jelas Flora.

BACA: Pendopo Blambangan Banyuwangi Selalu Terbuka untuk Wisatawan

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa dengan adanya penerbangan langsung Jakarta - Banyuwangi dan sebaliknya, pariwisata, dunia usaha, dan mobilitas orang akan semakin cepat untuk menggerakkan perekonomian lokal.

”Dengan direct flight Jakarta - Banyuwangi, para wisatawan, dunia usaha, maupun masyarakat luas bisa lebih hemat waktu karena pesawat langsung menuju ke Banyuwangi," tutur Bupati Anas.

Anas mengatakan ada sejumlah maskapai lain yang juga menyatakan minat menggarap rute Jakarta - Banyuwangi. ”Siapapun silakan masuk, yang penting bagi kami adalah ini bisa meningkatkan ekonomi Banyuwangi,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.