Kompas.com - 17/04/2017, 16:07 WIB
Menu pempek lenjeran di rumah makan pempek Cawan Putih, Jalan Sabang, Jakarta Pusat. KOMPAS/RADITYA HELABUMIMenu pempek lenjeran di rumah makan pempek Cawan Putih, Jalan Sabang, Jakarta Pusat.
EditorI Made Asdhiana

PALEMBANG, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengakui kuliner seperti pempek palembang semakin diminati masyarakat termasuk penduduk luar negeri.

"Pempek palembang cukup dikenal dan diminati masyarakat mancanegara sehingga Sumsel semakin dikenal di tingkat internasional," kata Mendagri saat berbicara dalam musyawarah perencanaan pembangunan rencana kerja pemerintah daerah di Palembang, Sumatera Selatan, Senin (17/4/2017).

(BACA: Mengapa Disebut Pempek dan 5 Fakta Menarik Seputar Pempek...)

Namun, lanjut Mendagri, mutu makanan khas tersebut harus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga keberadaannya semakin dikenal.

Menurut Mendagri berdasarkan data, pempek palembang yang dikirim keluar negeri mencapai enam hingga tujuh ton per hari dan itu sangat membanggakan.

(BACA: Mengapa Disebut Pempek Kapal Selam?)

"Ini berarti kuliner khas daerah Sumsel itu sudah punya nama dan digemari masyarakat," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

KOMPAS/RADITYA HELABUMI Pempek, salah satu makanan khas Palembang, banyak disajikan di rumah makan-rumah makan di Jakarta. Salah satunya di Cawan Putih di Jalan Sabang, Jakarta Pusat.
Memang, lanjut Tjahjo, semakin banyaknya pempek digemari masyarakat luar negeri karena daerah ini rutin menyelenggarakan pesta olahraga internasional.

Menurut dia, dalam waktu dekat ini Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games bersama DKI Jakarta.

"Jadi tamu mancanegara tersebut akan mengenal langsung makanan khas Palembang tersebut," ujar Mendagri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ANTARA
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.