Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Mencoba Memanah Gaya Mataram Kuno? Datanglah ke Prambanan

Kompas.com - 18/04/2017, 08:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Jemparingan atau seni memanah gaya Mataram Kuno menjadi wahana baru di Candi Prambanan.

Wahana tersebut melengkapi wisata yang ditawarkan PT Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan.

General Manager PT Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Pujo Suwarno, mengatakan wahana panahan tradisional tersebut dibuka sejak Desember 2016.

(BACA: Adu Tangkas dalam Jemparingan)

Wahana jemparingan tersebut diusung dengan melibatkan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Disparbudpora) Klaten.

"Untuk olah raga memanah, ada dua jenis, tradisional atau Mataraman dan modern. Namun tradisional lebih populer di kalangan wisatawan, terutama wisatawan mancanegara," ungkapnya, Minggu (16/4/2017).

Menurut Pujo, untuk olah raga panahan tradisional dilakukan dengan cara duduk sebagaimana jemparingan dilakukan. Sedangkan untuk panahan modern dilakukan dengan cara berdiri.

"Tujuannya semakin menyemarakkan kunjungan ke Prambanan. Kan sembari memanah mereka bisa selfie berlatar belakang Candi Prambanan," ujarnya.

Selain memanah, tambah Pujo, pihaknya juga menyediakan tambahan atraksi wisata berupa kereta taman dan golfcar yang hemat energi. (Tribun Jogja)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com