Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan ke Sumenep? Coba Pilihan Aktivitas Ini...

Kompas.com - 20/04/2017, 06:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Sumenep di Jawa Timur bisa menjadi salah satu pilihan liburan. Ada berbagai pilihan aktivitas wisata yang bisa dilakukan di daerah yang terletak di ujung timur Pulau Madura ini.

Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di sana? Wakil Bupati Kabupaten Sumenep, Achmad Fauzi memberikan beberapa pilihan wisata yang bisa dicoba.

"Ada Pulau Gili Labak dan Gili Iyang. Pulau Gili Laba ini yang (cocok untuk) para pencinta snorkelling dan diving dan juga menikmati keindahan pasir putih," kata Fauzi kepada KompasTravel di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (18/4/2017).

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Keraton Sumenep di Pulau Madura, Jawa Timur.
Di Pulau Gili Iyang, wisatawan bisa merasakan kandungan oksigen yang tinggi dibandingkan wilayah lain.

(BACA: Sumenep Promosikan Pulau Awet Muda dan Budaya kepada Wisatawan)

Menurut Fauzi, dari penelitian Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), oksigen di sana mencapai angka 21,05 persen.

"Artinya memiliki kandungan oksigen tertinggi kedua setelah Jordania. Oleh karenanya pulau ini merupakan pulau oksigen yang mana pulau untuk kesehatan," ungkapnya.

(BACA: Masjid Jamik Sumenep Punya Pemandu Wisata)

Kemudian, lanjut, Fauzi, wisatawan bisa melihat Keraton Sumenep yang telah berumur ratusan tahun. Keraton Sumenep sendiri terletak di Jl. Dr. Sutomo No.6, Pajagalan.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Kerindangan Cemara Udang Pantai Lombang, Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.
"Lalu di Keraton bisa dilihat pendoponya, ada pemandian raja, dan peninggalan raja-raja terdahulu. Ada pusakan, keretanya, baju perangnya. Itu tersimpan di museum," ujar Fauzi.

Ia mengatakan wisatawan juga bisa mengunjungi makam-makam para Raja Sumenep di Jalan Asta Tinggi. Di sana, wisatawan bisa melihat kuburan-kuburan para raja beserta keturunannya.

"Wisatawan juga bisa mengunjungi Masjid Jami Sumenep. Masjid itu arsitekturnya campuran antara China dan Eropa," tambahnya.

KOMPAS/INDIRA PERMANASARI Masjid jamik di Sumenep. Masjid ini diarsitekiLau Piango, seorang Tionghoa.
Selain itu wisatawan juga bisa melihat pembuatan keris di Desa Ae Tong Tong. Ada pula Pantai Lombang yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Sumenep berjarak sekitar 148 kilometer sekitar dari Kota Surabaya. Wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan jalur darat dari Kota Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com