Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tour de Lombok Mandalika 2017 Berkah bagi Pariwisata NTB

Kompas.com - 20/04/2017, 10:49 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Wisata olahraga, Tour de Lombok Mandalika (TdLM) yang berakhir Minggu (16/4/2017), membawa banyak berkah bagi pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB). Terutama untuk maskapai penerbangan, hotel dan penyewaan kendaraan.
 
"Ini di luar ekspekstasi. Meski baru pertama digelar, semua penerbangan penuh. Hotel penuh. Rental mobil juga ikut panen raya,” kata Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi, Selasa (18/4/2017) sebagaimana disampaikan dalam siaran pers Kementerian Pariwisata.

Yang membuat Gubernur NTB bangga adalah denyut perekonomian NTB yang dipicu oleh kedatangan wisatawan mancanegara.

(BACA: Maskapai Jin Air dari Korsel Siap Terbang ke Lombok)

Dalam paparannya, gubernur menyampaikan sebelum 13 April hingga 16 April 2017, kunjungan wisatawan ke NTB makin meningkat untuk menyaksikan TdLM 2017.

“Baru pertama digelar saja sudah ada seratus lebih pebalap dari 19 negara seperti Spanyol, Kolombia, Malaysia, Australia, Filipina, Spanyol, Jepang, Italia dan lain-lain. Itu belum termasuk kru, tenaga medis, mekanik dan logistik yang ikut dibawa,” katanya.

Diakui gubernur, tak mudah mengatur agenda ini. Selama perlombaan berlangsung, panitia TdLM harus mengatur pemindahan, penginapan dan makanan untuk 300-500 orang yang bergerak setiap hari. Itu belum termasuk ratusan kendaraan bermotor yang ikut dalam rombongan lomba.

(BACA: Bersepeda Menjelajahi Sawah di Lombok)

Belum juga masyarakat yang menyaksikan sepanjang jalur yang dilewati. "Sangat ribet dan sangat melelahkan. Tapi, hal inilah yang justru memberi daya kejut ekonomi yang luar biasa bagi NTB. Efek Tour de Lombok Mandalika tak ternilai bagi citra pariwisata NTB," ucapnya.
 

ARSIP KEMENPAR Tour de Lombok Mandalika 2017 melintasi tempat-tempat wisata di NTB mulai kota tua Ampenan, Taman Udayana, Masjid Islamic Center NTB sampai pantai Senggigi.
Rute TdLM melintasi obyek-obyek wisata di NTB mulai kota tua Ampenan, Taman Udayana, Masjid Islamic Center NTB. Selanjutnya peserta melewati hamparan pegunungan di Mandalika, Rinjani, sampai pantai Senggigi.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya memberi apresiasi terhadap suksesnya penyelenggaraan wisata olahraga ini.

"Tak hanya ekonomi ikut terangkat. Commercial dan social value juga sukses. Setelah kembali ke negara masing-masing, para bikers ini akan menjadi duta-duta pariwisata yang akan mengenalkan NTB secara lebih luas," kata Arief. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com