Kompas.com - 22/04/2017, 20:39 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS - Anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang perhotelan, PT Patra Jasa, menanamkan investasi untuk kapal pesiar atau hotel terapung senilai 20 juta dollar AS.

Kapal pesiar itu akan menjalani rute Surabaya, Bali, Lombok, dan Labuan Bajo. Investasi itu dilakukan bersama PT Pelni.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Patra Jasa Haryo Yunianto di Jakarta, Jumat (21/4/2017). ”Sekarang dalam proses penawaran pembelian kapal pesiar,” kata Haryo.

(BACA: Ratusan Turis Kapal Pesiar Cicipi Lumpia, Ini Komentarnya...)

Kapal pesiar sepanjang 120 meter yang terdiri dari empat hingga lima lantai itu memiliki 200 kamar dan berkapasitas 500 penumpang.

Pengadaan kapal itu, tambah Haryo, untuk mengembangkan wisata bahari dan untuk menggenjot kunjungan wisatawan.

Haryo menjelaskan, potensi wisata kapal pesiar di Bali, Lombok, dan Labuan Bajo cukup besar.

KOMPAS/LASTI KURNIA Wisatawan berkunjung ke Gili Trawangan, Lombok, Kamis (4/2/2016). Gili Trawangan adalah pulau dengan kunjungan wisata tertinggi di antara pulau lainnya, seperti Gili Air dan Gili Meno, serta menjadi andalan wisata Nusa Tenggara Barat.
”Malam hari, wisatawan bisa beristirahat di kapal pesiar sambil menikmati perjalanan. Pagi atau siang hari, wisatawan bisa berkunjung ke kawasan-kawasan wisata yang dilalui,” katanya.

Secara terpisah, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengatakan, ASDP bersama Patra Jasa dan PT PP (Persero) Tbk berinvestasi dalam bentuk dermaga marina kapal pesiar yang terintegrasi dengan hotel dan area komersial di Labuan Bajo.

Nilai investasi untuk dermaga dan fasilitasnya mencapai Rp 400 miliar. (FER)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.