Kompas.com - 23/04/2017, 14:03 WIB
Salah satu sudut art installation di Festival Kebaya yang diselenggarakan di Banyuwangi 21-22 April 2017 Humas Pemkab BanyuwangiSalah satu sudut art installation di Festival Kebaya yang diselenggarakan di Banyuwangi 21-22 April 2017
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Ada yang menarik pada Festival Kebaya yang diadakan Pemkab Banyuwangi pada 21-22 April 2017 yaitu instalasi seni yang menggunakan ratusan kebaya mulai kebaya kasual hingga kebaya pesta. Instalasi seni yang diletakkan di GOR Tawangalun tersebut, ratusan desain kebaya ditampilkan aktraktif dengan tatanan yang unik.

Ada dua stan yang terdiri dari busana kebaya kasual dan busana kebaya pesta. Untuk kebaya kasual didominasi warna-warna putih dan hitam. Sedangkan untuk kebaya pesta didesain mewah dan glamour dengan kain-kain bermotif indah.

Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma mengatakan melalui instalasi seni itu, desainer ingin menyampaikan jika busana kebaya bisa digunakan untuk setiap kegiatan mulai dari baju pesta, baju formal, hingga baju yang digunakan sehari-hari.

"Kebaya juga bisa dipadupadankan dengan berbagai macam kain nusantara. Desain kebaya juga bisa dikreasikan tanpa meninggalkan pakemnya. Intinya pameran untuk memberikan contoh dan memancing kreativitas desainer lokal, bagaimana membuat desain sekaligus packaging yang bagus dan bisa diterima secara luas,” jelas Ali.

Humas Pemkab Banyuwangi Beberapa kebaya di art installation di Festival Kebaya yang di selenggarakan pada 21-22 April 2017
Pada instalasi seni tersebut juga terdapat ornamen unik mulai dari buah kelapa, padi, lesung, caping, kurungan ayam dan payung-payung yang bergelantung. Semua barang tersebut berasal dari Banyuwangi.

Ornamen-ornamen tersebut, menurut Ali, sengaja dipilih untuk menunjukkan setiap karya harus memiliki standar terbaik yang bisa diterima oleh dunia tetapi dengan tidak meninggalkan kekhasan dan kesederhaan lokal yang dimiliki.

"Kekhasan dan kesederhanaan lokal ini yang menjadi kekuatan dan ciri khas masing maisng seorang desainer," jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada Festival Kebaya Banyuwangi juga melibatkan 100 desainer yang menampilkan 200 rancangan busana kebaya. Selain itu juga digelar “Fashion In Style”, kompetisi fashion yang menampilkan karya busana kebaya hasil rancangan desainer lokal Banyuwangi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.