Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Murah Harga Buku di Pameran Big Bad Wolf?

Kompas.com - 23/04/2017, 15:08 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BANTEN, KOMPAS.com - Pameran buku Big Bad Wolf menawarkan buku impor maupun lokal dengan harga yang miring. Pameran buku ini digelar mulai tanggal 21 April - 2 Mei 2017 di Indonesia Convention Center, Serpong, Banten.

Buku yang bisa ditemukan di Big Bad Wolf seperti buku anak, kesehatan, politik, ekonomi, fiksi, non fiksi, buku novel grafis, roman, literatur, umum, fiksi ilmiah dan fantasi, keluarga dan hubungan, kesehatan dan kecantikan, rumah dan kebun, masakan, hewan, ilmu dan alam, hiburan, perjalanan, rujukan, kendaraan, perihal dan dunia, biografi, bisnis dan motivasi, dan seni desain.

(Baca: Bawa Uang Rp 400.000 ke Big Bad Wolf, Dapat Buku Apa Saja?)

Rata-rata buku impor dijual mulai harga Rp 50.000 sedangkan buku lokal dihargai mulai dari Rp 10.000. Lalu seberapa murah harga buku-buku di pameran Big Bad Wolf? Sejumlah pengunjung Big Bad Bolf mengakui harga yang ditawarkan memang murah jika dibandingkan dengan harga aslinya bila merujuk pada toko buku konvensional ataupun Amazon.

Seperti pengalaman salah seorang pengunjung dari Kebon Jeruk, Lutfi Fauziah. Ia mendapatkan enam buku impor dengan harga total Rp 370.000. Salah satunya adalah box set (isi 4 buku) The Maze Runners Rp 210.000. Menurut Lutfi, jika dibandingkan di toko buku online lokal yang biasa menjual buku impor, barang yang sama dijual dengan harga Rp 600.000.

"Untuk ukuran buku impor, harga di Big Bad Wolf murah banget. Bisa hemat sekitar 60-80 persen," kata Lutfi kepada KompasTravel setelah berbelanja di pameran Big Bad Wolf.

Pengunjung lain, Putu Wulandari juga mengakui harga buku yang dijual di pameran Big Bad Wolf lebih murah dibanding di Amazon. Ia membeli buku berjudul "Space". Harga aslinya di Amazon sekitar 14 dollar AS.

"(Harga buku Space) ya sekitar Rp 200.000. (Saya) belinya Rp 85.000," ujar Putu kepada KompasTravel.

(Baca: Tips Berburu Buku di Pameran Big Bad Wolf)

Sementara itu, Ray Indra Nugraha, pengunjung lainnya yang berasal dari Jakarta, menuturkan ia membeli buku "Van Gogh: His Life and Works in 500 Images" dengan harga tak sampai Rp 150.000.

"Kalau beli di Amazon, bisa Rp 300.000 ke atas," katanya.

Jaka Setia, pengunjung lainnya, mengaku berhasil membeli buku buku fotografi Pilgrimage karya Annie Leibovitz seharga Rp. 230.000. Jika dibandingkan di Amazon, buku yang sama dihargai sekitar 65 dollar AS (sekitar Rp 863.000).

KompasTravel sendiri sempat membeli beberapa buku. Seperti buku anak "Minie: Deluxe Gift Bool Set" dengan harga Rp 160.000. Harga aslinya yang tertera di kotak buku tersebut adalah 39,99 dollar AS (sekitar Rp 531.000). Buku aktivitas itu terdiri dari tiga buku cerita, pemutar musik, tiga keping CD (compact disk), 29 stiker, dan drawstring pouch.

Buku lainnya seperti "Handbooks: Mumbai & Goa" dibeli KompasTravel dengan harga Rp 50.000. Harga aslinya adalah 17,95 dollar AS (sekitar Rp 238.000).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com