Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan di Belitung Makin Mudah, Ini Rencana Rute Enam Bus Baru

Kompas.com - 23/04/2017, 22:09 WIB

BELITUNG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Ayie Thamrin mengungkapkan pihaknya akan menghidupkan kembali aktivitas di Terminal Tanjungpandan. Dalam waktu dekat akan ada enam unit bus dari Kementerian Perhubungan RI yang memiliki kapasitas penumpang sebanyak 20 kursi.

"Inilah salah satu upaya pemerintah memberikan pemicu. Diawali dengan pemerintah memberikan rasa aman dan nyaman. Dibutuhkan juga kepastian masyarakat menggunakan bus. Yang sekarang ini "angin-anginan" karena ketidakpastian (angkutan bus ada atau tidak), masyarakat jadi males pakai angkutan," ungkap Ayie, kepada Pos Belitung.

Enam unit bus ini kata Ayie akan beroperasi dari Terminal Tanjungpandan menuju empat tujuan di antaranya Bandara HAS Hanandjoeddin, Mambalong, Sijuk dan Tanjung Kelayang.

"Mei ini semua kesiapan sudah lengkap karena kemarin masih terkendala administrasi STNK dan sebagainya" ujar Ayie.

Berdasarkan pantauan Pos Belitung, suasanadi Terminal Tanjungpandan Kabupaten Belitung tampak lengang, Jumat (21/4/2017). Kondisi ini sudah berlangsung lama. Jarang sekali terlihat bus yang mengangkut penumpang.

Padahal, terminal ini sudah ada sejak 25 Januari 1981 dan memiliki luas 7.468 meter persegi. Tak ada jadwal baku keberangkatan bus di terminal ini.

Setidaknya ada, tiga bus berkapasitas 15 sampai 30 orang melayani perjalanan dari Tanjungpandan ke Manggar. Mereka beroperasi mulai pukul jam 06.30-18.00 WIB. Ongkosnya sebesar Rp 25.000 per orang.

"Jadwal keberangkatan bus bisa berubah karena nunggu penumpang agak banyak baru berangkat. Seingat saya jarang full (penuh)," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal Tanjungpandan, Sofyan Kepala UPTD Terminal Tanjungpandan. ‎

Penurunan jumlah penumpang, menurut Sofyan, disebabkan karena masyarakat sudah banyak beralih pada kendaraan pribadi.

(Pos Belitung/Ardhina Trisila Sakti/Selengkapnya baca edisi cetak POS BELITUNG Edisi Sabtu 22 April 2017)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com