Kompas.com - 24/04/2017, 11:24 WIB
Kebaya karya Lenny Agustin dengan warna-warna cerita pada Festival Kebaya di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (22/4/2017). KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATIKebaya karya Lenny Agustin dengan warna-warna cerita pada Festival Kebaya di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (22/4/2017).
|
EditorI Made Asdhiana

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menggelar Festival Kebaya pada 21-22 April 2017.

Festival yang baru pertama kali digelar di Indonesia tersebut melibatkan 100 desainer kebaya antara lain Ferry Sunarto, Priscilla Saputro, Lenny Agustin, Deden Siswanto, Afif Syakur, Dwi Iskandar, Devy Rose, Inge Chu, Phangsanny, Dedy Delmora, dan Aura Putri.

Hasil karya mereka tampil pada puncak Festival Kebaya di GOR Tawangalun Banyuwangi, Sabtu (22/4/2017) malam.

Sedikitnya ada 200 koleksi kebaya mulai dari kasual, klasik, kontemporer hingga glamour yang diperagakan pada pergelaran malam itu.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Kebaya karya Priscilla Saputra yang ditampilkan pada Festival Kebaya di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (22/4/2017).
Selain itu, puluhan desainer lokal asal Banyuwangi juga ikut menampilkan kebaya hasil karyanya. Mereka mendapatkan pelatihan dari Indonesia Fashion Chamber selama tiga bulan mulai dari teknis pengerjaan kebaya hingga manajemen usaha.

"Malam ini para desainer Banyuwangi juga menampilkan karyanya yaitu Inkubator. Ada beberapa desain kebaya yang mereka buat dan memang harus ada unsur Banyuwanginya untuk menunjukkan jika kebaya Banyuwangi. Liat saja tadi ternyata tradisi Kebo-keboan bisa juga diaplikasikan pada kebaya," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

(BACA: Yuk Datang ke Banyuwangi Long Weekend Ini, Ada Agenda Apa?)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia berharap busana kebaya yang ditampilkan pada Festival Kebaya bisa menjadi sumber inspirasi bagi pelaku fashion di Banyuwangi.

Seperti kebaya karya Priscilla Saputro yang menunjukkan keagungan kebaya tradisional untuk pesta. Sementara itu Lenny Agustin menampilkan kebaya dengan warna-warna ceria dengan desain yang simpel dan cocok digunakan untuk mereka yang berjiwa muda.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Monica Weber dengan desain kebaya saat tampil pada Festival Kebaya di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (22/4/2017).
Sedangkan Monica Weber menampilkanya karyanya desain kebaya dengan gaya anggun klasik dengan detail yang mewah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.