Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Indonesia, Festival Kebaya Digelar di Banyuwangi

Kompas.com - 24/04/2017, 11:24 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur menggelar Festival Kebaya pada 21-22 April 2017.

Festival yang baru pertama kali digelar di Indonesia tersebut melibatkan 100 desainer kebaya antara lain Ferry Sunarto, Priscilla Saputro, Lenny Agustin, Deden Siswanto, Afif Syakur, Dwi Iskandar, Devy Rose, Inge Chu, Phangsanny, Dedy Delmora, dan Aura Putri.

Hasil karya mereka tampil pada puncak Festival Kebaya di GOR Tawangalun Banyuwangi, Sabtu (22/4/2017) malam.

Sedikitnya ada 200 koleksi kebaya mulai dari kasual, klasik, kontemporer hingga glamour yang diperagakan pada pergelaran malam itu.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Kebaya karya Priscilla Saputra yang ditampilkan pada Festival Kebaya di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (22/4/2017).
Selain itu, puluhan desainer lokal asal Banyuwangi juga ikut menampilkan kebaya hasil karyanya. Mereka mendapatkan pelatihan dari Indonesia Fashion Chamber selama tiga bulan mulai dari teknis pengerjaan kebaya hingga manajemen usaha.

"Malam ini para desainer Banyuwangi juga menampilkan karyanya yaitu Inkubator. Ada beberapa desain kebaya yang mereka buat dan memang harus ada unsur Banyuwanginya untuk menunjukkan jika kebaya Banyuwangi. Liat saja tadi ternyata tradisi Kebo-keboan bisa juga diaplikasikan pada kebaya," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

(BACA: Yuk Datang ke Banyuwangi Long Weekend Ini, Ada Agenda Apa?)

Ia berharap busana kebaya yang ditampilkan pada Festival Kebaya bisa menjadi sumber inspirasi bagi pelaku fashion di Banyuwangi.

Seperti kebaya karya Priscilla Saputro yang menunjukkan keagungan kebaya tradisional untuk pesta. Sementara itu Lenny Agustin menampilkan kebaya dengan warna-warna ceria dengan desain yang simpel dan cocok digunakan untuk mereka yang berjiwa muda.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Monica Weber dengan desain kebaya saat tampil pada Festival Kebaya di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (22/4/2017).
Sedangkan Monica Weber menampilkanya karyanya desain kebaya dengan gaya anggun klasik dengan detail yang mewah.

“Bisnis fashion ini tidak pernah surut. Apalagi kebaya dipakai oleh semua wanita Indonesia di semua daerah. Dengan festival ini kami berharap Banyuwangi akan menjadi salah satu pusat mode kebaya yang diperhitungkan di tingkat nasional,” kata Anas.

Ia berharap nantinya akan muncul desain kebaya khas Banyuwangi yang lahir dari desainer asal Banyuwangi.

Dari Majapahit untuk Dunia

Chairman Indonesia Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma kepada KompasTravel menjelaskan kebaya sudah digunakan sejak masa Kerajaan Majapahit sebagai atasan yang dipadu dengan kain panjang sebagai bawahan.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama para desainer dan model yang mendukung Festival Kebaya di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (22/4/2017).
Kekuasaan Majapahit yang sangat luas membuat kebaya semakin banyak digunakan oleh perempuan-perempuan yang berada di wilayah kekuasaan Majapahit bahkan ke Malaysia hingga Singapura.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com