Kompas.com - 25/04/2017, 17:38 WIB
Seekor penyu hijau saat dilepaskan di Pantai Kuta, Bali, Selasa (7/2/2017). Ditpolair Polda Bali merilis 7 dari keseluruhan 11 ekor barang bukti hasil ungkap kasus perdagangan ilegal penyu hijau di akhir 2016 dan awal 2017. AFP PHOTO / SONNY TUMBELAKASeekor penyu hijau saat dilepaskan di Pantai Kuta, Bali, Selasa (7/2/2017). Ditpolair Polda Bali merilis 7 dari keseluruhan 11 ekor barang bukti hasil ungkap kasus perdagangan ilegal penyu hijau di akhir 2016 dan awal 2017.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyu adalah salah satu hewan laut yang terancam punah. Padahal, Indonesia memiliki enam dari tujuh spesies penyu di dunia.

Hal itu diungkapkan Coral Reef Conservation Specialist dari The Nature Conservancy (TNC) Indonesia, Rizya Ardiwijaya saat konferensi pers #PuyoPeduliPenyu di One Fifteen Coffee, Gandaria, Jakarta Selatan, Selasa (25/4/2017).

Puyo Silky Dessert bekerja sama dengan TNC Indonesia untuk mendonasikan Rp 5.000 untuk setiap pembelian satu Puyo Silky Melon. Kampanye ini berlangsung hingga 1,5 bulan ke depan. 

(BACA: Beli Silky Pudding, Bisa Selamatkan Penyu)

Rizya menuturkan, enam spesies penyu yang bisa ditemui di Indonesia dalah penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang, penyu tempayan, penyu belimbing, dan penyu pipih.

"Penyu belimbing adalah spesies paling besar. Penyu sisik dan penyu hijau statusnya sekarang adalah critically endangered," paparnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rizya kemudian memaparkan beberapa alasan mengapa warga dan wisatawan harus melindungi penyu.

"Penyu adalah aspek penting dalam sistem rantai makanan di lautan. Sulit bagi penyu untuk berkembangbiak. Risiko usai penyu menetas pun selalu mengintai hingga beberapa tahun ke depan," tuturnya. 

(BACA: Memacu Adrenalin Menuju Surga-nya Penyu di Banyuwangi)

Jumlah penyu yang kian lama kian sedikit tentu menimbulkan kekhawatiran. Apalagi status keberadaan penyu di Indonesia kini terbagi menjadi tiga yakni critically endangered, endangered, dan vulnerable.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.