Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival India di Semarang Hadirkan Makanan hingga Pameran Lukisan

Kompas.com - 28/04/2017, 06:10 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Ragam masakan India yang kaya akan rempah kini bisa Anda nikmati di Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya di Hotel Ciputra Semarang, yang sedang menyelenggarakan Festival India mulai 18 April hingga 8 Mei 2017.

Puluhan masakan khas India bisa dinikmati pengunjung di The Gallery Restaurant pada malam hari. Mulai dari hidangan Condiments, seperti Onion Laccha dan Mixed Pickle, lalu ada menu barbecue vegetarian seperti Panner Tikka, dan non vegetarian seperti Tandoori Chicken, main course seperti Lamb Briyani, dan aneka roti India juga dessert-nya seperti Gulab Jamun.

“Hingga tanggal 8 Mei 2017, kami mengadakan Promosi Makanan India untuk Anda nikmati bersama dengan keluarga maupun kerabat. Mulai dari masakan Papadum, Shahi Tikki, Paneer Navazi, Lamb Rogan Josh, Chicken Biryani, Gaiar ka Hatua, dan masih banyak yang lainnya yang harus dicicipi," kata Zusro Fuadi selaku Food & Beverages Manager.

(BACA: Seperti Apa Karakter Turis India yang Berlibur ke Indonesia?)

Menurut Ocky, Executive Marketing Communication Hotel Ciputra Semarang, aneka hidangan khas India ini diracik langsung oleh juru masak asal India yang berkolaborasi dengan chef hotelnya.

Selama pelaksanaan festival, menu yang dihidangkan akan berganti setiap harinya, dan dapat diketahui melalui media sosial Hotel Ciputra Semarang.

“Pengunjung dapat merasakan langsung perbedaan rempah asli dari India yang disuguhkan dalam acara tersebut. Karena di belakang aneka hidangan ini diracik langsung oleh ahlinya, dan 95 persen bumbunya diimpor langsung dari India untuk menjaga kekhasan rasanya,” ujar Ocky kepada KompasTravel.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Tamanna Sagar, seorang seniman lukis India yang sedang mengadakan pameran lukisannya di Hotel Ciputra Semarang, mulai 18 April hingga 8 Mei 2017.
Salah satu yang digemari wisatawan sejak hari pertama pelaksanaan festival ialah hidangan Lamb Briyani. Hidangan yang mirip dengan nasi kebuli khas Betawi dan nasi goreng ini selalu habis diserbu pengunjung.

“Favoritnya sejak awal Nasi Briyani, mirip nasi goreng kambing tapi sangat berbeda rasanya, rempahnya lebih tajam, karena kita pakai rempah asli dari sana (India) sampai beras basmati," ujar Eko, Chef Assistant Hotel Ciputra Semarang.

Dalam rangkaian acara festival ini, tak hanya menyajikan kuliner khas India, sebanyak 20 lukisan karya seniman India, Tamanna Sagar, turut dipamerkan di sepanjang lobby Hotel Ciputra Semarang.

Dalam pameran tunggal tersebut, pelukis asal India ini lebih memilih memamerkan hasil karyanya berupa objek bangunan, pohon, dan binatang.

Karya seni ini dipamerkan sekaligus untuk menyambut datangnya Hari Kartini yang selalu diperingati pada tanggal 21 April. Pameran ini sendiri akan berlangsung hingga 8 Mei 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com