BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Get Craft

Berkunjung ke Surfer Paradise di Gold Coast, Surganya Para Peselancar

Kompas.com - 30/04/2017, 09:07 WIB
Gedung tinggi yang menghadap langsung ke Samudra Pasifik di Gold Coast. Kompas.com/Silvita AgmasariGedung tinggi yang menghadap langsung ke Samudra Pasifik di Gold Coast.
|
EditorI Made Asdhiana

GOLD COAST, KOMPAS.com - Gold Coast tersohor sebagai wisata bahari untuk penduduk lokal Australia.

Di musim dingin, berbondong-bondong penduduk Australia berkunjung ke Gold Coast.

Alasannya, kota yang terletak di negara bagian Brisbane ini terkenal dengan iklimnya yang hangat dan pariwisata yang berkembang sejak zaman lampau.

Sejarah Gold Coast yang tercatat gedung tertinggi di Australia, Q1 menyebutkan jika nama Gold Coast pertama kali muncul tahun 1940.

(BACA: Liburan di Gold Coast, Wajib Naik Balon Udara)

Saat itu seorang jurnalis dari Brisbane menyebut bagian Selatan Brisbane dengan sebutan "the Gold Coast", sebab setelah perang perumahan di daerah tersebut sangat laku di pasaran.

Hingga akhirnya tahun 1958, The South Coast Town Council mengadopsi nama Gold Coast dan tahun 1959, daerah tersebut sah disebut kota.

Gold Coast sendiri terkenal akan satu distrik yang menjadi destinasi para peselancar, "Surfer Paradise".

(BACA: Kontes Zombie sampai Makan Nasi Padang di Pasar Malam Gold Coast)

Nama Surfer Paradise diadopsi dari sebuah nama hotel yang dibuka tahun 1925. Gedung milik James 'Jim'Cavill tersebut diberi nama Surfers Paradise Hotel, memiliki 16 kamar tidur dan menjadi akomodasi ternama di kalangan wisatawan.

Kompas.com/Silvita Agmasari Pantai Surfer Paradise, Gold Coast.
Nama distrik Surfer Paradise sendiri awalnya adalah Elston. Hingga tahun 1933, akhirnya diubah menjadi Surfer Paradise.

Seiring perjalanan waktu, distrik ini tetap menjadi daerah wisatawan paling ramai di Gold Coast. Pantai dengan ombak besar yang bergulung dan langsung menuju Samudra Pasifik menjadi daya tarik utama dari Surfer Paradise.

Untuk berkunjung ke sini tidaklah sulit. Ambillah penerbangan menuju Brisbane. Dari Jakarta tak ada penerbangan langsung menuju Brisbane.

Rute paling mudah adalah mengambil penerbangan dari Jakarta ke Sydney yang memakan waktu penerbangan tujuh jam, kemudian dari Sydney gunakan penerbangan lokal ke bandara di Goldcoast, yakni Coolangatta dengan lama penerbangan 1 jam 20 menit.

Dari bandara Coolangatta menuju Surfer Paradise memakan waktu perjalanan 30 menit.

Musim terbaik untuk berkunjung ke Gold Coast adalah saat bulan April sampai awal Juli, dan bulan Agustus sampai Oktober. Saat itu suhu di Queensland cenderung bersahabat bagi orang Indonesia yang tak suka suhu terlalu panas.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.