Kompas.com - 01/05/2017, 16:22 WIB
Terminal 3 gate 1, Bandara Internasional Soekarno Hatta menyambut dibukanya layanan penerbangan internasional oleh Garuda Indonesia, Kamis (27/04/2017). KOMPAS.COM/Alek KurniawanTerminal 3 gate 1, Bandara Internasional Soekarno Hatta menyambut dibukanya layanan penerbangan internasional oleh Garuda Indonesia, Kamis (27/04/2017).
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BANTEN, KOMPAS.com - PT. Angkasa Pura 2 menargetkan seluruh penerbangan internasional di Bandara Soekarno Hatta, Banten akan pindah ke Terminal 3 pada awal bulan Agustus 2017. Hal itu menyusul pemindahan pengoperasian penerbangan maskapai Garuda Indonesia mulai 1 Mei.

"After Lebaran lah ya, karena kalau Lebaran, masa angkutan Lebaran itu kan traffic tinggi, jadi mungkin awal Agustus kita akan pindahkan semua (penerbangan internasional)," kata Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin seusai acara seremonial penerbangan inagurasi Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Banten, Senin (1/4/2017).

Ia mengatakan proses pemindahan operasional penerbangan internasional di Bandara Soekarno Hatta akan dilakukan sebanyak tiga tahap. Menurutnya, tahap pertama adalah pemindahan operasional maskapai Garuda Indonesia.

(BACA: Ke Luar Negeri dari Terminal 3 Ultimate, Simak Prosedurnya...)

"Kedua (maskapai-maskapai) Sky Team Group. Sky Team Group kita harapkan bulan Juni ini moving ke sini (terminal 3)," tambahnya.

Ia menyebut ada delapan maskapai penerbangan yang tergabung dalam aliansi Sky Team yang akan pindah ke Terminal 3. Adapun maskapai yang tergabung dalam aliansi Sky Team dan beroperasi di Bandara Soekarno Hatta antara lain seperti China Airlines, KLM, Korean Air, Air France, dan lainnya.

"Migrasi penumpang ini lebih kepada kenyamanan penumpang, karena size-nya jadi bisa terdistribusi," tambahnya.

(BACA: Garuda Resmikan Rute Internasional di Terminal 3 Bandara Soetta)

Penerbangan internasional perdana yang dilayani Garuda Indonesia di Terminal 3 Soetta adalah penerbangan rute Jakarta- Singapura dengan nomor penerbangan GA824 yang berangkat pukul 06.10 WIB.

Sementara itu, acara seremonial dilakukan pada penerbangan GA 820 rute Jakarta-Kuala Lumpur berlangsung pada pukul 08.35. Sedangkan GA823 rute Singapura-Jakarta mendarat pukul 08.15.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.