Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Punya Kota Kuno Mirip Petra

Kompas.com - 02/05/2017, 20:01 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Petra di Jordania adalah kota kuno yang dipahat di perbukitan batu. Kota peninggalan Kerajaan Nabatea itu menjadi destinasi wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan dunia.

Tak banyak yang tahu, Arab Saudi juga punya kota peninggalan sejarah dengan bentuk yang sama. Namanya Mada'in Saleh, yang masih alami dan jauh dari keramaian.

Mengutip situs Travel and Leisure, Selasa (2/5/2017), Mada'in Saleh dibangun abad ke 1 SM sampai abad 1 Masehi oleh orang Thamudi. Bagi Kerajaan Nabatea, Mada'in Saleh disebut Kota Hegra.

BACA: Jurnalis Arab Saudi Ikuti Paket Wisata Rute Raja Salman

Tak kalah dengan Petra, Mada'in Saleh juga mendapatkan predikat Situs Warisan Dunia dari UNESCO. Banyak bangunan yang seluruhnya dipahat di dinding batu berwarna merah, sama seperti Petra.

Namun bedanya, tak ada keramaian dan pedagang suvenir di sini. Tak ada pula warga lokal yang berkeliling menawarkan wisatawan untuk naik unta.

BACA: Ini 5 Poin Kerja Sama Pariwisata Indonesia-Arab Saudi

Meski begitu, mengunjungi Mada'in Saleh bukanlah perkara mudah. Anda harus memasuki Arab Saudi (visa Arab Saudi cukup ketat bagi wisatawan selain Muslim), tepatnya ke Kota Madinah.

Dari sana, Anda harus berkendara selama empat jam untuk tiba di Mada'in Saleh. Mada'in Saleh bisa dikunjungi di sela-sela Umrah atau Haji di Tanah Suci.

Waktu terbaik untuk menyambangi tempat ini adalah sore hingga malam, saat sinar matahari senja terpantul dari gugusan dinding batu berwarna merah di tengah gurun pasir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com