Kompas.com - 02/05/2017, 22:09 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Suramadu Festival 2017 bakal digelar pada 21 Mei mendatang. Festival bertema "Madura Bersatu Dalam Seni dan Budaya" kali pertama ini akan diadakan di area dekat Jembatan Suramadu di wilayah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

"Acara ini berawal dari keinginan kami putra daerah Madura untuk mengenalkan potensi seni, budaya, dan pariwisata Madura. Kami berharap potensi dan citra Madura bisa dikenal secara nasional," kata Ketua Panitia Suramadu Festival 2017, Sarbini Ghazali dalam acara jumpa pers "Suramadu Festival 2017" di Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Ia mengatakan Suramadu Festival 2017 bisa dinikmati secara gratis. Masyarakat setempat maupun wisatawan menurutnya juga bisa ikut berpartisipasi dalam acara Suramadu Fun Run 10 Kilometer.

"Kita rencanakan Suramadu Festival diselenggarkan secara rutin tahunan. Ini yang pertama adalah titik tolak Suramadu festival. Kita harapkan bisa sukses," tambah Sarbini.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Acara jumpa pers Suramadu Festival 2017 di Jakarta, Selasa (2/5/2017). Suramadu Festival 2017 bakal digelar pada 21 Mei 2017. Festival bertema Madura Bersatu Dalam Seni dan Budaya ini akan diadakan di area dekat Jembatan Suramadu di wilayah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Suramadu Festival 2017 nantinya akan menampilkan berbagai acara seperti olahraga, seni, budaya, kuliner, kerajinan tangan, dan pameran. Acara Suramadu Festival 2017 terdiri dari Suramadu Fun Run 10 Kilometer, kesenian Hadrah Massal, Nasyid Festival dari beberapa pesantren di Madura, pertunjukan karapan sapi, musik Ghul Ghul, tarian Topeng Gethak, tarian Moang Sangkal, Tari Duplang, bazaar batik Madura, dan pertunjukan Sapi Sonok.

Selain itu Suramadu Festival 2017 juga akan diramaikan oleh artis nasional asli Madura, seperti Irwan Sumeep De Academy Indosiar dan Joni Iskandar.

Ketua Event Organizer MEP Indonesia Suramadu Festival 2017, mengatakan masyarakat atau wisatawan yang ingin mengikuti Suramadu Festival bisa mendaftar melalui website suramadufestival.com. Selain acara Fun Run, wisatawan juga bisa menikmati aneka kuliner khas Madura seperti soto madura, bebek songkem, rujak, dan berbagai makanan lain.

"Kami juga akan men-display pemenang karapan sapi. Ada 20 stan campuran dari kuliner dan kerajinan tangan," tambah Arief.

Suramadu Festival 2017 didukung oleh pemerintah empat kabupaten se-Madura yaitu Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, dan Sampang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.