Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soto Ayam Dargo Pak Wito, Cita Rasa Soto Khas Semarang

Kompas.com - 04/05/2017, 10:04 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Soto, sebuah sajian kuliner yang tak hanya dikenal oleh pecinta kuliner saja, namun hampir seluruh warga Indonesia pasti mengenal makanan ini.

Pasalnya hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki jenis soto yang berbeda-beda.

Seperti misalnya Soto Betawi di Jakarta, Coto Makassar di Makassar, Soto Tauco di Tegal dan lain sebagainya. Semarang sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah pun mempunyai jenis soto tersendiri yang begitu khas.

(BACA: Soto Ayam Sudah Biasa, Cicipi Soto Bebek Bu Siswo Khas Klaten)

Saat mengunjungi Semarang, KompasTravel sempat mencicipi cita rasa khas Soto Semarang di Soto Ayam Dargo Pak Wito.

"Soto Ayam Dargo Pak Wito seluruhnya memiliki 9 cabang di Semarang, yang terbesar dan tertua ada di Jalan Hasanudin Raya, Semarang," ujar salah satu penjual Soto Ayam Dargo Pak Wito, Teguh Wibowo kepada KompasTravel, saat mengikuti media trip bersama Ezytravel.co.id, Rabu (3/5/2017).

KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Soto Ayam Dargo Pak Wito menyajikan soto khas Semarang. Terdapat total 9 cabang yang tersebar di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/5/2017). Cabang yang tertua berada di Jalan Hasanudin Raya.
"Dulunya tempat pertama kami ada di Jalan Dargo, namun pindah ke Jalan Hasanuddin. Karena para pelanggan sudah mengenal dengan sebutan Soto Ayam Dargo, maka kami tetap menggunakan nama Dargo di kedai soto kami," katanya.

(BACA: Soto Ceker Pinggir Jalan di Jakarta Ini Rekomendasi Pakar Kuliner Asal Australia)

Soto khas Semarang memiliki kuah yang bening dan aroma rempah yang khas. Untuk isian soto, terdapat nasi, soun, kecambah atau tauge, potongan ayam, daun bawang ditambah taburan bawang merah dan bawang putih goreng.

Porsi yang disajikan tidak terlalu besar seperti soto pada umumnya. Namun untuk rasa tidak perlu ditanya, karena soto khas Semarang ini terasa begitu gurih dan lezat dengan berbagai isian di dalamnya.

"Soto ini akan lebih lezat bila ditambah perasan jeruk nipis dan sedikit kecap manis," ujar salah satu warga Semarang, Hidayah Sulistyowati kepada KompasTravel.

KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN Terdapat berbagai gorengan dan sate sebagai pelengkap santap soto khas Semarang. Berbagai gorengan dijual mulai dari Rp 1.000 dan sate mulai dari Rp 6.000, Rabu (3/5/2017).
Untuk menambah selera, disediakan juga berbagai sate dan gorengan untuk menemani santap soto, ada sate ayam, sate telur puyuh, sate kerang, bakwan jagung, telur ayam, tahu, tempe, dan lain sebagainya.

Bila Anda berkunjung ke Semarang, sempatkan untuk mencicipi soto khas Semarang ini. Satu porsi dibanderol seharga Rp 10.000. Adapun untuk gorengan masing-masing Rp 1.000 dan berbagai sate mulai dari Rp 6.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com