Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gorontalo Siapkan Destinasi Wisata Halal

Kompas.com - 04/05/2017, 16:12 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Pariwisata halal sedang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Sejumlah obyek disiapkan, terutama yang terkait dengan budaya dan adat daerah ini seiring meningkatnya pariwisata di sejumlah kabupaten dan kota.

Desa wisata reliji Bubohu Bongo, Tapa, kawasan Danau Limboto dan Kota Tua Gorontalo disiapkan menjadi sajian utama wisata halal ini.

Pengembangan pariwisata yang bersifat mulitsektoral diyakini mampu menjembatani dan mendorong pembangunan sektor lain secara sinergi.

“Budaya Gorontalo mengenal filosofi adat bersendi syara dan syara bersendi kitabullah sejalan dengan konsep wisata halal,” kata Alim Katili, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Kamis (4/5/2017).

(BACA: Gorontalo Targetkan 1.000 Wisatawan ke Pulo Cinta)

Salah satu strategi pengembangan pariwisata yang selaras dengan pelestarian budaya dan lingkungan serta  pemberdayaan masyarakat adalah wisata halal.

“Menteri Pariwisata, Pak Arief Yahya juga akan menjadi kunci dalam seminar internasional wisata halal pada Selasa pekan depan,” jelas Alim Katili.

Pasar wisata halal ini akan membidik sejumlah wisatawan timur tengah dan sejumlah pasar potensial, termasuk wisatawan nusantara yang terus bertambah jumlahnya. Pengalaman menikmati budaya Gorontalo akan menjadi sajian utama perjalanan ke daerah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com