Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Cari Batik Khas Semarang? Ini Tempatnya...

Kompas.com - 05/05/2017, 21:04 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Jika di Jogja ada Kampung Batik Giriloyo, Solo ada Kampung Batik Laweyan, Pekalongan mempunyai Kampung Batik Kauman, maka di Semarang ada pula Kampung Batik Semarang.

Kampung Batik Semarang memang belum setenar ketiga kampung batik yang telah disebutkan di atas. Namun semangat untuk berbenah dan mempromosikan Kampung Batik Semarang supaya lebih dikenal saat ini patut diapresiasi.

"Kampung Batik Semarang pernah berjaya pada masa kedudukan Jepang pada tahun 1942. Batik tulis merupakan produk andalan saat itu. Namun sempat ada kebakaran yang melanda kampung ini, sehingga sempat mati suri," ujar salah seorang warga Semarang, Mia Kamila, Kamis (4/5/2017).

KompasTravel dalam acara Media Trip Explore Budaya Semarang bersama Ezytravel.co.id sempat mengunjungi Kampung Batik Semarang. Pertama-tama kami disambut oleh gapura bertuliskan Kampung Batik. Setelahnya berbagai lukisan dinding mewarnai sepanjang perjalanan di Kampung Batik Semarang ini.

Selain mengeksplor Kampung Batik Semarang dengan berbagai lukisan mural yang unik, pengunjung juga dapat membeli batik dan belajar membatik sebagai atraksi utama dari kampung ini.

"Terdapat sekitar 8 toko batik dengan puluhan perajin yang tersebar di Kampung Batik Semarang," ujar pemilik gerai Batik Handayani, Rini Sari Handayani kepada KompasTravel.

KOMPAS.COM/Alek Kurniawan Batik Handayani, salah satu gerai yang berada di Kampung Batik Semarang yang menjual berbagai produk Batik Semarang dan pengunjung pun bisa belajar membatik di sini, Kamis (04/05/2017).
"Di toko kami sendiri, selain bisa membeli berbagai produk batik, pengunjung juga bisa belajar membatik. Belajar membatik di sini meliputi membuat corak batik dengan canting dan proses mewarnai," kata Rini lagi.

Rini mengungkapkan perbedaan batik semarang dengan batik pada umumnya adalah corak dan warnanya.

"Batik semarang identik dengan corak gambar Lawang Sewu, burung blekok, pohon asem, Tugu Muda, dan lainnya. Kalau warna, batik semarang mempunyai warna yang terang dan cerah," ujarnya.

KOMPAS.COM/Alek Kurniawan Para pengunjung sedang belajar membatik di Kampung Batik Semarang, Kamis (04/05/2017).
Batik semarang yang dijual di Kampung Batik ini bisa Anda beli mulai harga Rp 50.000. Harga yang tertera pun tergantung dari kualitas bahan, proses pembuatan dan ukurannya.

Kampung Batik Semarang terletak di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, Semarang. Anda bisa mengunjungi kampung ini mulai dari pukul 08.00 - 18.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com