"Lubuk Hitam" Pesona di Bukit Barisan

Kompas.com - 06/05/2017, 15:08 WIB
Pengunjung menikmati Air Terjun Lubuk Hitam atau Air Terjun Tiga Tingkat di Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat, awal Desember 2016. Air Terjun Lubuk Hitam yang berada sekitar 25 kilometer arah selatan pusat Kota Padang ini merupakan salah satu potensi alam yang menjanjikan, tetapi belum dikelola secara maksimal. KOMPAS/ISMAIL ZAKARIAPengunjung menikmati Air Terjun Lubuk Hitam atau Air Terjun Tiga Tingkat di Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat, awal Desember 2016. Air Terjun Lubuk Hitam yang berada sekitar 25 kilometer arah selatan pusat Kota Padang ini merupakan salah satu potensi alam yang menjanjikan, tetapi belum dikelola secara maksimal.
EditorI Made Asdhiana

KOTA Padang, Sumatera Barat, tidak hanya punya pantai menawan dan pulau-pulau kecil berpasir putih, tetapi juga memiliki pesona di antara lebatnya Pegunungan Bukit Barisan.

Salah satunya Air Terjun Lubuk Hitam atau Air Terjun Tiga Tingkat di Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Air Terjun Lubuk Hitam terletak di Kelurahan Teluk Kabung Utara, sekitar 25 kilometer arah selatan Kota Padang. Waktu tempuh menuju kelurahan ini sekitar satu jam perjalanan darat dengan sepeda motor atau mobil.

Sepanjang perjalanan, kita akan melewati jalur berkelok dengan pemandangan perbukitan di sisi kiri dan lanskap laut lepas di sisi kanan.

Pintu masuk ke kawasan ini berupa jalan kecil di sebelah kiri Jalan Raya Padang-Painan, tidak jauh dari Kantor Kepolisian Sektor Bungus Teluk Kabung.

Tidak ada pintu gerbang khusus atau papan petunjuk sehingga pengunjung harus benar-benar jeli melihat agar tidak terlewat.

(BACA: Sumber Pitu, Air Terjun Andalan Malang)

Begitu masuk, kita akan menemukan jalan beton dengan lebar sekitar 2 meter yang di sisi kiri dan kanannya terhampar sawah milik warga. Di depan, terbentang bukit hijau seolah menyambut siapa pun yang datang. Di sela-sela bukit terlihat air terjun.

Setelah berkendara lebih dalam lagi dan melewati perkampungan, kita akan memasuki hutan hujan tropis. Embusan udara sejuk dan bersih khas pegunungan langsung terasa.

Turun dari kendaraan, pengunjung masih harus berjalan kaki melewati jalur mendaki dan menurun terlebih dulu. Jalurnya tidak lagi jalan beton, tetapi jalan tanah setapak yang dibuat warga untuk mengakses air terjun.

(BACA: Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang, Niagara-nya Indonesia)

Rasa lelah saat menyusuri jalan setapak akan terhibur oleh suguhan alam yang tersaji sepanjang perjalanan, seperti gemercik air sungai sepanjang jalur, kicau burung yang bertengger di dahan pepohonan, dan riuh suara berbagai jenis serangga hutan, sampai akhirnya bertemu dengan air terjun.

Tiga tingkat

Air Terjun Lubuk Hitam disebut juga Air Terjun Tiga Tingkat karena ada tiga air terjun sekaligus di tempat itu. Mencapai air terjun pertama dan kedua relatif mudah karena tidak begitu menanjak.

Air terjun dengan ketinggian masing-masing 2 meter dan 10 meter itu bisa dicapai setelah berjalan kaki melewati kebun kakao warga, 10 menit dari lokasi parkir.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X