Segarnya Obyek Wisata Baru Taman Alam Surapanta Boyolali

Kompas.com - 06/05/2017, 16:37 WIB
Dengan konsep taman alam yang alami dan tertata, Anda bisa menikmati keindahan, dan kesegarannya saat berkunjung ke Taman Alam Surapanta, di Boyolali. Pengunjung dari sekitar Jawa Tengah turut meramaikan destinasi baru ini pada Rabu, (25/4/2017). KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaDengan konsep taman alam yang alami dan tertata, Anda bisa menikmati keindahan, dan kesegarannya saat berkunjung ke Taman Alam Surapanta, di Boyolali. Pengunjung dari sekitar Jawa Tengah turut meramaikan destinasi baru ini pada Rabu, (25/4/2017).
|
EditorI Made Asdhiana

BOYOLALI, KOMPAS.com - Wisata bertemakan alam di Indonesia seolah tak ada habisnya, karena kerap bermunculan destinasi-destinasi baru di berbagai daerah. Salah satunya Taman Alam Surapanta, di Boyolali yang muncul dari kreativitas dan kerja keras para pemuda sekitarnya.

Taman alam yang baru dibuka 26 Januari 2017 ini berlokasi di Duku Pantaran, Desa Talakbroto, Kecamatan Simo, Boyolali, Jawa Tengah.

Jika Anda dari Semarang, akan menemuinya setelah melewati Kota Salatiga, tepatnya dari ring road Salatiga, menuju Ampel lalu Kecamatan Simo melewati tugu pelajar.

Dengan konsep taman yang alami dan tertata, Anda bisa menikmati keindahan, dan kesegarannya saat berkunjung ke Taman Alam Surapanta. Kawasan sisi sungai bersih ini disulap menjadi taman apik, dengan fasilitas wisata seperti gardu pandang untuk selfie.

(BACA: Mulai Tenar, Berikut 7 Wisata Andalan di Boyolali)

Tak hanya itu, wisatawan dapat menikmati kesegaran Sungai Pantaran dengan berenang di bendungan yang dibuat, atau sekadar berfoto di taman, jembatan, dan tembok landmark wisata ini.

Untuk yang ingin bersantai, di taman ini juga disediakan gazebo sebanyak tiga tempat, juga belasan kursi-kursi bagi wisatawan menikmati pemandangan alam.

Jika Anda berkunjung di siang hari, teriknya matahari bisa terobati dengan segarnya guyuran air bendungan taman alam ini. Aliran sungai yang melawati destinasi wisata ini terbilang cukup jernih, terutama di siang hingga sore hari.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Di Taman Alam Surapanta, kawasan sisi sungai bersih ini disulap menjadi taman apik, dengan fasilitas wisata seperti gardu pandang untuk sefie.

“Dahulu memang rutin dipakai oleh warga, tetapi sekarang hanya menjelang malam, karena berbagi waktu dengan bukanya tempat wisata ini,” ujar Cahyo (29), Koordinator Pengelola Taman Alam Surapanta, kepada KompasTravel saat berkunjung Rabu (25/4/2017).

Meski baru dibuka awal 2017, destinasi ini cukup digandrungi wisatawan anak muda. Selain karena pemandangannya mengundang berswafoto, tarif yang dikenakan untuk masuk pun masih sebatas parkir Rp 2.000 dan uang kebersihan yang sukarela.

Peluasan lahan dan pembangunan pun terus dilakukan oleh pemuda-pemuda desa. Saat ini Cahyo dan kawan-kawan yang tergabung dalam Karang Taruna Kerabat Atmaja, Desa Talakbroto sedang membangun pusat kuliner dan kantin, juga peluasan lahan parkir untuk bus disana.

“Ke depan harapannya dari hasil mandiri karang taruna kita bisa membangun lebih banyak fasilitas lagi, seperti taman untuk bermain anaknya, lalu wahana river tubbing di sungai ini.

Putri (18), salah satu wisatawan dari Kota Boyolali, mengatakan cukup puas dengan suasana alamnya yang asri. “Karena suka foto-foto sih, jadi gak nyebur ke sungainya pun puas, lumayan banyak spot fotonya. Semoga fasilitasnya lebih komplet lagi,” ujar Putri yang datang bersama teman sekolahnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X