Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senja nan Eksotis di Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul

Kompas.com - 09/05/2017, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Pantai Pok Tunggal cukup tenar di antara deretan pantai lainnya di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pantai yang terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus ini memiliki hamparan pasir putih dan alam yang menawan. 

Nama "Pok Tunggal" diambil dari sebuah pohon yang hidup di pinggir pantai tersebut. Nama pohon tersebut adalah Duras.

Agus selaku pengelola pantai menyebutkan pohon Duras yang tumbuh di Pantai Pok Tunggal hanya satu buah saja.

"Pohon tersebut menjadi salah satu ikon pantai ini, jarang pohon Duras bisa tumbuh di sekitaran pantai. Oleh karena itu kami di sini sebagai pengelola wajib menjaga dan merawat pohon tersebut agar tetap tampak subur dan indah," tutur Agus.

Salah satu momen terbaik untuk menikmati Pantai Pok Tunggal adalah saat matahari terbenam.

Suasana temaram saat langit berubah jingga bisa Anda nikmati sambil melihat kegiatan warga di sore hari. Es kelapa muda menjadi teman yang cocok untuk menikmati senja.

TRIBUNJOGJA/GILANG SATMAKA Aktivitas warga.

Di sebelah barat bibir pantai, Anda bisa melihat para nelayan yang mulai turun untuk melaut. 

"Kalau matahari sudah mulai terbenam, biasanya saya mulai siap-siap melaut di malam hari. Kalau alat-alat sudah siap biasanya saya memancing dulu di tempat ini, sebelum nanti berangkat menggunakan perahu ke laut," ujar Warno, salah satu nelayan di Pantai Pok Tunggal. 

Sekitar pukul 17.15 WIB, Anda sudah harus bersiap untuk memotret matahari terbenam. Jangan sampai ketinggalan.

Anda hanya perlu membayar Rp 9.500 untuk masuk ke pantai ini. Parkir kendaraan roda dua dikenai tarif Rp 2.000, sementara roda empat dikenai tarif Rp 5.000.

Dari Kota Yogyakarta, rute yang bisa anda lalui ialah menuju ke Jalan Imogiri, Panggang, lalu menuju ke Jalan Saptosari.

Dari Jalan Saptosari ikuti jalan menuju ke Tepus, tepatnya ke arah Pantai Baron. Di pertigaan sebelum Pantai Baron ambil arah kiri menuju ke arah Pantai Indrayanti.

Dari pertigaan kawasan Pantai Indrayanti ambil kiri dan ikuti jalan aspal hingga tiba di Pos Retribusi. Beberapa meter dari pos tersebut akan tampak papan petunjuk arah ke Pantai Pok Tunggal. (TRIBUNJOGJA/GILANG SATMAKA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com