Senja nan Eksotis di Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul

Kompas.com - 09/05/2017, 18:06 WIB
Senja di Pantai Pok Tunggal. TRIBUNJOGJA/GILANG SATMAKASenja di Pantai Pok Tunggal.
EditorSri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com - Pantai Pok Tunggal cukup tenar di antara deretan pantai lainnya di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pantai yang terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus ini memiliki hamparan pasir putih dan alam yang menawan. 

Nama "Pok Tunggal" diambil dari sebuah pohon yang hidup di pinggir pantai tersebut. Nama pohon tersebut adalah Duras.

Agus selaku pengelola pantai menyebutkan pohon Duras yang tumbuh di Pantai Pok Tunggal hanya satu buah saja.

"Pohon tersebut menjadi salah satu ikon pantai ini, jarang pohon Duras bisa tumbuh di sekitaran pantai. Oleh karena itu kami di sini sebagai pengelola wajib menjaga dan merawat pohon tersebut agar tetap tampak subur dan indah," tutur Agus.

Salah satu momen terbaik untuk menikmati Pantai Pok Tunggal adalah saat matahari terbenam.

Suasana temaram saat langit berubah jingga bisa Anda nikmati sambil melihat kegiatan warga di sore hari. Es kelapa muda menjadi teman yang cocok untuk menikmati senja.

TRIBUNJOGJA/GILANG SATMAKA Aktivitas warga.

Di sebelah barat bibir pantai, Anda bisa melihat para nelayan yang mulai turun untuk melaut. 

"Kalau matahari sudah mulai terbenam, biasanya saya mulai siap-siap melaut di malam hari. Kalau alat-alat sudah siap biasanya saya memancing dulu di tempat ini, sebelum nanti berangkat menggunakan perahu ke laut," ujar Warno, salah satu nelayan di Pantai Pok Tunggal. 

Sekitar pukul 17.15 WIB, Anda sudah harus bersiap untuk memotret matahari terbenam. Jangan sampai ketinggalan.

Anda hanya perlu membayar Rp 9.500 untuk masuk ke pantai ini. Parkir kendaraan roda dua dikenai tarif Rp 2.000, sementara roda empat dikenai tarif Rp 5.000.

Dari Kota Yogyakarta, rute yang bisa anda lalui ialah menuju ke Jalan Imogiri, Panggang, lalu menuju ke Jalan Saptosari.

Dari Jalan Saptosari ikuti jalan menuju ke Tepus, tepatnya ke arah Pantai Baron. Di pertigaan sebelum Pantai Baron ambil arah kiri menuju ke arah Pantai Indrayanti.

Dari pertigaan kawasan Pantai Indrayanti ambil kiri dan ikuti jalan aspal hingga tiba di Pos Retribusi. Beberapa meter dari pos tersebut akan tampak papan petunjuk arah ke Pantai Pok Tunggal. (TRIBUNJOGJA/GILANG SATMAKA)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X