Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Makan Gudeg Tengah Malam di Dapur

Kompas.com - 09/05/2017, 22:07 WIB

KOMPAS.com - Gudeg memang bisa ditemukan di hampir semua sudut Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, beberapa gerai gudeg sangat legendaris dan unik sehingga selalu diminati wisatawan. 

Salah satu gudeg ikonik yang unik adalah Gudeg Pawon. Dalam bahasa Jawa, pawon berarti dapur. Gudeg ini memang disajikan langsung di dapur pembuatannya.

Gudeg Pawon baru buka pukul 23.30 WIB. Anda bisa merasakan sensasi makan gudeg tengah malam di dapur.

Meski buka tengah malam, jangan kaget bila Anda harus antre untuk mendapatkan seporsi gudeg ini. Jika begitu sampai lokasi dan pintunya tertutup, berarti gudeg sudah habis.

Cita rasa Gudeg Pawon juga agak berbeda dari gudeg pada umumnya. Jika biasanya gudeg didominasi rasa manis, Gudeg Pawon didominasi rasa manis-gurih.

Gudeg ini memang menggunakan aneka bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan kemiri. Areh (kuah) gudeg dibumbui laos, serai, dan kencur. 

Gudeg disajikan secara kering, tidak terlampau basah. Arehnya hanya menggunakan santan kelapa, tidak ditambahi dengan kethak alias endapan minyak santan.

Di dapur merangkap warung berukuran 10 x 15 m itu, Mbah Prapto sang pemilik waung memasak gudeg mulai pukul 09.00 WIB. Setelah dimasak berjam-jam, barulah gudeg bisa dinikmati pelanggan. 

Jika berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupakan gerai gudeg satu ini. Gudeg Pawon beralamat di Jalan Janturan No 38, Warungboto, Yogyakarta. Lokasinya tak jauh dari Terminal Umbulharjo. (INTISARI ONLINE/AGUS SURONO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com