Usai Melihat Perayaan Waisak di Borobudur, Ini Pilihan Wisata Kuliner

Kompas.com - 11/05/2017, 09:12 WIB
Hidangan ikan beong di rumah makan Sehati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (23/6/2016). KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOHidangan ikan beong di rumah makan Sehati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (23/6/2016).
|
EditorI Made Asdhiana

MAGELANG, KOMPAS.com – Setelah melihat rangkaian Waisak di Candi Borobudur, tidak ada salahnya mengobati lelah Anda dengan aneka kuliner Magelang yang memanjakan lidah.

Magelang memang tidak hanya memiliki destinasi wisata tingkat dunia, tetapi kulinernya pun wajib Anda coba selagi melancong ke kota ini.

Berikut KompasTravel rangkum kuliner Magelang, dari ikan khas, sup segar hingga olahan getuk yang bisa menjadi buah tangan Anda.

1. Mangut Beong

Hidangan satu ini benar-benar khas Magelang, selain bumbunya, ikan yang menjadi bahan utamanya pun hanya ada di Sungai Progo Magelang. Mangut beong, terbuat dari ikan beong, ikan air tawar ini direndam di racikan rempah super pedas, dan disajikan dengan nasi panas.

(BACA: Mencicipi Kupat Tahu Magelang Langganan SBY)

Karena kekhasannya, ikan ini dibanderol cukup mahal disbanding ikan lainnya di pasaran. Uniknya bagian paling mahal justru kepalaya mencapai Rp 20.000.

Bagi Anda yang penasaran, silakan mengunjungi salah satu kedai mangut beong ini di Warung Sehati Selera Pedas, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur. Warung ini berada sekitar 4 kilometer sebelah barat candi, tidak jauh dari jalan utama menuju Kecamatan Salaman, Magelang.

KOMPAS/SRI REJEKI Sop senerek di daerah Pisangan, Banyuurip, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
2. Sop Senerek

Masih sekitar hidangan berkuah segar. Sop senerek merupakan sop kuah bening dengan kacang merah sebagai cirikhasnya. Selain kacang merah, di dalamnya berpadu dengan daging sapi, bayam, dan sayuran lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X