Selain Perayaan Waisak di Borobudur, Intip Juga Wisata Unik Ini...

Kompas.com - 11/05/2017, 11:09 WIB
Sejumlah wisatawan menaiki andong untuk berwisata keliling Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (28/12/2015). Wanurejo merupakan salah satu desa di sekitar Candi Borobudur yang menawarkan paket wisata untuk menarik turis yang berkunjung ke Borobudur. KOMPAS/HARIS FIRDAUSSejumlah wisatawan menaiki andong untuk berwisata keliling Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (28/12/2015). Wanurejo merupakan salah satu desa di sekitar Candi Borobudur yang menawarkan paket wisata untuk menarik turis yang berkunjung ke Borobudur.
|
EditorI Made Asdhiana

MAGELANG, KOMPAS.com - Pesona Candi Borobudur di Magelang memang luar biasa, tak heran bangunan megah ini diakui sebagai salah satu warisan kebudayan dunia oleh UNESCO.

Namun, di sekitarnya pun tumbuh berbagai destinasi wisata yang bisa Anda jadikan alternatif setelah berkunjung ke Candi Borobudur.

Berikut rangkuman KompasTravel, beragam wisata unik yang bisa Anda jadikan destinasi liburan setelah mengunjungi Candi Borobudur.

1. Menyatu dengan alam di Desa Wisata Wanurejo

Di desa wisata ini Anda bisa menikmati ragam kebudayaan masyarakat yang masih memegang teguh adat kebudayaannya. Mulai dari kebudayaan nyadran hingga kirab budaya Merti Desa atau bersih desa/sedekah bumi dari upacara adat Saparan.

(BACA: Desa Wisata Wanurejo, Pilihan Berwisata di Sekitar Candi Borobudur)

Selain tradisi, kesenian dan kerajinannya juga hidup. Kerajinan mulai dari kerajinan kayu, bambu, batik, fiber, dan sebagainya juga bisa ditemui di beberapa titik di Wanurejo.

Uniknya di desa ini, terdapat sembilan dukuh yang memiliki atraksi wisata tersendiri, dijamin Anda tak akan bosan mengunjungi desa ini.

Dusun Barepan misalnya, di sana wisatawan bisa menikmati wisata pertanian dan perikanan, wisata kerajinan kayu, sedangkan di Dusun Soropadan, wisatawan bisa menikmati alunan musik bambu Arumba.

KOMPAS.COM/IKA FITRIANA Fun Off Road di Taman Nasional Gunung Merapi, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, awal Januari 2017.
2. Fun Off Road Merapi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X