Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Martabak Durian Keju, Paling Favorit di Martabak Cendana

Kompas.com - 13/05/2017, 11:00 WIB

MARTABAK akan semakin terasa lezat jika mengandung taburan (topping) yang bervariasi dan melimpah. Tren tersebut memang tengah bermunculan di banyak penjaja martabak.

Seakan tak cukup dengan pilihan topping yang banyak ragamnya, sebagian penjaja martabak pun memperhatikan betul kualitas bahan bakunya, salah satunya adalah mentega.

Dengan bahan-bahan berkualitas premium, sensasi yang dihasilkan pun demikian kaya. Bahan baku diperhatikan betul sehingga menghasilkan kelembutan yang bertahan lama. Selain itu, padu padan topping tak terasa terlalu manis dengan butter dan bahan pelengkap lainnya yang juga terukur sesuai standar.

Salah satu kedai martabak dengan pilihan topping dan adonan yang beraneka ragam hadir di Cimahi belum lama ini, yakni Martabak Cendana. Pilihan topping-nya meliputi Ovomaltine, Nutella, Toblerone, Silverqueen, Kitkat, Kitkat greentea, Oreo, Tiramisu, durian asli, cokelat kacang, dan keju.

Pelanggan pun bisa memilih adonan martabak seperti orisinal, red velvet, greentea, choco cream, taro, dan ketan hitam. Dengan bahan dasar pilihan, teksturnya yang empuk bisa bertahan hingga dua hari.

Ukuran Martabak Cendana identik dengan martabak pada umumnya, yakni berdiameter 21 inci. Pelanggan bisa memesan martabak dengan topping dua rasa hingga delapan rasa.

"Kami punya kualitas baik dari adonan sampai memadukan manis lagi ketemunya tidak giung, distandarkan, ada SOP-nya," ujar pemilik Martabak Cendana, Hisan Muamar, saat ditemui TribunJabar di kedainya di Jalan HMS Mintaleja Nomor 8 Cimahi, beberapa waktu lalu.

Karakteristik martabak ini bertekstur empuk hingga dua hari. Hal ini membuat Martabak Cendana cocok dijadikan oleh-oleh.

Martabak dibuat secara manual tanpa bantuan mesin. Keterampilan pembuatnya dalam memadukan bahan-bahan dan mengaduknya dipercaya memberikan efek berbeda dibanding menggunakan alat bantu.

Martabak Cendana bisa dinikmati dengan harga Rp 30 ribu hingga Rp 90 ribu. Martabak Cendana bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 14.00 hingga 23.00.

Durian Keju Jadi Favorit

Dalam sehari, Martabak Cendana mampu menghabiskan sekita 70 loyang martabak. Pada akhir pekan, banyak pengunjung luar kota yang melintasi kedai Martabak Cendana yang lokasinya berdekatan dengan pintu tol Baros. Penjualan pun meningkat, jumlah total per hari melebihi 70 loyang martabak.

"Awalnya saya pulang kerja dari luar kota ke Cimahi dan saya lihat tidak ada makanan yang premium. Lalu saya coba buka martabak premium. Ternyata di luar perkiraan, banyak pembelinya," katanya.

Salah satu hidangan favorit di sini adalah martabak durian keju. Martabak durian keju ini bisa dibeli dengan harga Rp 50.000. Pilihan lainnya yang juga banyak dipesan adalah keju cokelat Rp 35.000 dan red velvet Ovomaltine keju Rp 65.000. (Isa Rian Fadilah/DIA/Tribun Jabar)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com