Caruban Carnival Cirebon Heritage Mengangkat Kereta Kencana Sultan

Kompas.com - 15/05/2017, 14:30 WIB
Kirab kereta Paksi Ngaliman, yang dinaiki Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra, dalam Caruban Festival, Minggu (14/5/2017). KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAKirab kereta Paksi Ngaliman, yang dinaiki Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra, dalam Caruban Festival, Minggu (14/5/2017).
|
EditorI Made Asdhiana

CIREBON, KOMPAS.com - Caruban Carnival, Cirebon Heritage kembali digelar ketiga kalinya, pada Minggu (14/5/2017). Kali ini karnaval budaya tersebut bertemakan Magnificent of Paksi Ngaliman, yang mengangkat filosofi kereta kencana Sultan Cirebon.

Festival dibuka sejak pukul 14.00 WIB, masyarakat dan wisatawan pun sudah memadati sepanjang Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Sebanyak 80 peserta karnaval dari berbagai daerah di Indonesia akan berparade sepanjang 450 meter.

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra mengatakan acara tersebut pada setiap tahun mengambil tema kesenian yang berbeda. Tahun ini Paksi Ngaliman, ialah kereta sultan yang memiliki banyak filosofi kehidupan, juga menjadi kebanggaan warga Cirebon.

"Tahun ini lebih banyak pesertanya, dan berbeda dari tema sebelumnya, menunjukkan seni budaya Cirebon memang begitu banyak, dan dengan acara ini harapannya semakin terekspos dan tidak kalah pamor dari daerah lainnya," ungkapnya.

(BACA: Tak Hanya Religi, Ini Wisata Menarik Lainnya di Kabupaten Cirebon)

Sebanyak 80 orang dari 46 kontingen yang turut serta, terbagi dari berbagai daerah yang juga mewakili festivalnya masing-masing, yaitu Semarang Night Carnival, Solo Batik Carnival, Kepri Carnival, Salatiga, Cirebon, Inderamayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning), dan Bandung.

Semua kontingen wajib mengenakan kostum yang melambangkan Paksi Ngaliman.

KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Penampilan salah satu kontingen dalam Caruban Carnival, yang bertajuk Magnificent of Paksi Ngaliman, yang mengangkat filosofi kereta pusaka Sultan Cirebon, Minggu (14/5/2017).
"Acara ini merupakan rangkaian dengan West Java Travel Mart, oleh karena itu bukan hanya mempromosikan wisata dan budaya Kabupaten Cirebon, tapi juga mendorong kreativitas budaya masyarakatnya, tak lupa mendorong wisatawan untuk stay lama di Cirebon saat akhir pekan ini," ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Cirebon, Hartono saat pembukaan Caruban Carnival.

Caruban Carnival dibuka oleh penampilan puteri dan putera Cirebon yang berprestasi di dalam maupun luar negeri, di antaranya Puteri Indonesia Jawa Barat, Miss Global Beauty Queen, Putera Pariwisata Indonesia, dan yang lainnya.

(BACA: Lewat Travel Mart, Cirebon Tak Mau Hanya Sekadar Kota Transit)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X