Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Asing Ikut Mengulek di Festival Rujak Ulek Surabaya

Kompas.com - 15/05/2017, 22:08 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ribuan warga ikut mengulek atau meramu rujak cingur bersama-sama di Festival Rujak Uleg Surabaya 2017 yang diselenggarakan pada Minggu (14/5/2017).

Tampak sejumlah warga asing juga ikut mengulek rujak dalam kesempatan itu. Beberapa warga asing tersebut ikut dalam kelompok tersendiri. Masing-masing kelompok berisi lima orang.

Selain dari konsulat perwakilan negara, warga asing juga datang dari para turis dan kelompok mahasiswa mancanegara. Hadirnya turis asing untuk mengulek rujak bersama di festival tersebut sekaligus untuk mempromosikan Rujak Ulek di tingkat dunia.

“Festival ini untuk mengenang dan menjaga budaya kita. Salah satunya rujak ulek. Mungkin dunia belum tahu. Kita bangkitkan lagi bahwa kita punya kekayaan luar biasa di bidang kuliner, yakni rujak ulek,” kata Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Festival yang digelar di sepanjang Jalan Kembang Jepun Surabaya itu tahun ini diikuti sekitar 1.500 warga dari berbagai kalangan. Mereka terbagi dalam banyak grup yang berisi minimal lima orang. Masing-masing grup menggunakan atribut unik yang dipakai saat mengulek rujak cingur.

Festival Rujak Ulek adalah salah satu kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya ke-724. Selain Festival Rujak Ulek, beberapa kegiatan yang ikut meramaikan Hari Jadi Kota Surabaya antara lain Pasar Malam Tjap Toendjoengan, Festival Dolly Saiki, dan berbagai kegiatan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com