Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kisaran Harga "Homestay" di Sekitar Puncak B29 Lumajang?

Kompas.com - 16/05/2017, 15:06 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

LUMAJANG, KOMPAS.com - Bila Anda penyuka matahari terbit alias sunset hunter, obyek wisata Puncak B29 di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur tak boleh dilewatkan. Anda bisa menikmati momen matahari terbit dengan panorama jajaran gunung dan lautan pasir Gunung Bromo.

Puncak B29 sendiri bisa diakses melalui Desa Argosari, Kecamatan Senduro. Di sana, suasana dingin khas dataran tinggi juga kesunyian malam desa pun bisa terasa bila Anda menginap.

Lalu bagaimana dengan penginapan di sekitar Puncak B29? Di sekitar Desa Argosari terdapat beberapa homestay yang bisa dipilih untuk menginap.

BACA: Berita Foto: Indahnya Matahari Terbit di Puncak B29 Lumajang

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Budiyanto mengatakan ada sekitar 30 rumah yang dijadikan homestay. Setiap rumah menyediakan fasilitas kamar tidur, kamar mandi, juga sarapan.

"Tarif menginap di homestay itu Rp 55.000 per orang," kata Budiyanto saat ditemui di rumahnya beberapa waktu lalu.

KompasTravel sempat mencoba salah satu homestay di Desa Argosari. Saat itu KompasTravel bersama rekan-rekan jurnalis dari Jakarta.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Salah satu homestay di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (20/5/2017). Homestay adalah satu-satunya penginapan yang ada di Desa Argosari.
Homestay yang KompasTravel inapi terbilang cukup nyaman. Homestay tersebut berlantai keramik dan di kamar tidur tersedia selimut. 

Untuk kamar tidur, terdapat kasur yang bisa digunakan untuk dua orang. Ada sebuah ruang tamu untuk tempat bersantai.

Di homestay tempat KompasTravel inapi saat itu tak ada televisi di tiap kamar. Televisi ada di ruang keluarga yang terletak di dekat kamar mandi.

BACA: Legenda di Balik Indahnya Puncak B29 Lumajang

Budiyanto mengatakan saat ini Desa Argosari masih kekurangan homestay untuk menampung wisatawan. Namun, Budiyanto telah mengoptimalkan homestay yang ada di Desa Argosari.

Anda bisa memesan homestay melalui Pokdarwis Desa Argosari. Homestay-homestay di Desa Argosari terletak sekitar 10-15 menit dari Puncak B29. Pemandangan yang ditawarkan di sekitar homestay seperti perkebunan sayur dan perbukitan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com