Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau "Selfie" Saat Paralayang? Simak Dulu Hal Ini

Kompas.com - 17/05/2017, 08:04 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com – Berswafoto atau selfie diatas ketinggian memang bisa menghasilkan gambar pemandangan yang bagus. Kini banyak wisatawan yang mengambil gambar dari ketinggian, dari puncak gunung hingga paralayang.

Terbang menggunakan paralayang tentunya berbeda dengan gunung. Kedua tangan kita beroperasi dan tentunya harus lebih siaga dibanding. Apakah selfie di tengah aktivitas paralayang diperbolehkan?

Aries, salah satu instruktur paralayang yang sudah belasan tahun menekuni dunia aeronautics mengatakan tak masalah jika ingin swafoto sambil paralayang, asalkan melihat kondisi tertentu.

“Sebetulnya selama ketika sudah bisa menilai kalau kondisinya aman, ya boleh-boleh saja. Jadi kita harus meyakinkan dulu kondisinya memang aman. Kalau terbang itu di udara kan ada juga turbulensi, kita biasa menyebutnya bumpy, jadi kondisi terbang tidak langsung tenang,” jelasnya pada KompasTravel.

Ia mengatakan, ada lokasi yang cenderung langsung tenang anginnya, ada juga yang bumpy dulu lalu tenang lagi, bumpy lagi, kemudian tenang lagi. Semua tergantung cuaca dan angin yang dibaca pilot.

Sedangkan untuk Anda yang mencoba terbang tandem, Aries membebaskan kapan saja untuk berfoto. Karena ada pilot yang bertugas mengoperasikan dan mengendalikan paralayangnya. Meskipun begitu, ia menyarankan wisatawan untuk berdiskusi dulu dengan pilot paralayang sebelum swafoto. 

Sendy Aditya Saputra Paralayang di Bukit Selong, Lombok
Anda bisa menggunakan action cam yang tersambung dengan monopodnya. Ponsel dengan tongsis-nya diperbolehkan asalkan terikat kuat. Aries tidak merekomendasikan wisatawan untuk selfie dengan langsung memegang ponsel, karena ponsel akan riskan jatuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com