Kompas.com - 17/05/2017, 15:06 WIB
Pemandangan Km 10 Jalan Raya Ende-Maumere KOMPAS.com/Sri Anindiati NursastriPemandangan Km 10 Jalan Raya Ende-Maumere
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Maumere di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur berlokasi di pinggir pantai dan menghadap Laut Flores. Tentu secara letak geografis, Maumere punya potensi wisata yang bisa ditemui.

Pemilik Capa Resort Maumere, Melchias Markus Mekeng mengatakan bahwa Maumere punya obyek wisata berupa pantai dan pulau.

"Kalau di laut itu banyak. Misalnya di Pulau Pangbatang. Itu pulau di tengah laut. Pasirnya putih dan airnya jernih," kata Melchias saat berbincang dengan KompasTravel seusai acara penandatanganan Operation Management Agreement (OMA) di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

BACA: 5 Tempat Wisata Pilihan di Maumere, Jantung Hati Flores

Untuk menuju Pulau Pangbatang, wisatawan harus menyeberang menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Laurens Say di Kota Maumere. Perjalanan ditempuh dalam waktu satu jam.

"Ada juga Pulau Babi. Di sana itu spot menyelam. Retakan tsunami ada di sana. Di perairan sekitar Pulau Babi arusnya tak kencang," tambahnya.

Bagi penyuka pantai, Melchias menyarankan untuk pergi ke Pantai Koka yang berpasir putih. Pantai Koka berada di perbatasan antara Ende dan Maumere.

"Ada juga Museum Ledalero. Itu seminari tertua. Paus Yohanes Paulus Kedua pernah tidur di sana (museum). Gusdur dulu sering diskusi dengan pastor yang menguasai Islamologi di museum. Itu museum di daerah Ritapiret," ungkapnya.

BACA: Maumere, Jantung Hati Flores Itu Kembali Bangkit setelah Tsunami

Adapula bangunan Gereja Tua Sikka. Gereja Tua tersebut telah ada dari jaman Portugis masuk ke Maumere.

"Untuk tenun itu ada di sentra-sentra kerajinannya masing-masing di daerah (Maumere). Ada juga di daerah (kecamatan Nita)," jelas Melchias.

Capa Resort Maumere kini telah berada di bawah pengelolaan PT Sahid International Hotel Management Consultant terhitung ditandatanganinya kesepakatan antara kedua belah pihak. 

Perjanjian kerjasama pengelolaan dilakukan oleh Hariyadi Sukamdani dan Melchias Markus Mekeng. Penandatangan disaksikan oleh kedua manajemen baik PT Sahid International Hotel Management Consultant dan Capa Resort Maumere.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.