Kompas.com - 19/05/2017, 20:06 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

BOGOR, KOMPAS.com - Menjelajah 87 hektar luasnya Kebun Raya Bogor butuh tenaga dan waktu yang ekstra. Namun bagaimana jika Anda tak punya banyak waktu untuk berkeliling semua spot di kebun raya?

Jangan khawatir, Anda bisa mengunjungi tempat paling menarik atau yang paling Anda minati sesuai tujuan. Berikut  5 tempat yang wajib Anda kunjungi. Selain karena unik, beberapa spot ini juga merupakan ciri khas Kebun Raya Bogor (KRB).

1. Griya Anggrek (Orchidarium)

Anda harus menyambangi kawasan ini, karena ada 421 jenis anggrek yang telah diidentifikasi KRB. Tempat ini memang ditujukan bagi wisatawan yang ingin melihat koleksi tanaman anggrek KRB.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Pengunjung melihat tanaman anggrek di dalam rumah kaca Griya Anggrek di kompleks Kebun Raya Bogor, Jumat (12/7/2013). Di tempat tersebut terdapat ratusan anggrek spesies asli Indonesia yang dapat dijadikan sarana belajar mengenal keanekaragaman hayati nusantara.

Griya ini terdiri dari dua sayap dan satu ruang pusat informasi. Sayap kanan khusus untuk anggrek spesies atau alam, sedangkan sayap kiri diperuntukkan bagi anggrek hybrid atau persilangan.

Memasuki griya ini, pandangan kita akan dipenuhi warna-warni bunga anggrek. Mulai dari jenis favorit seperti anggrek bulan, hingga jenis yang langka. Tak hanya anggrek, ternyata di sini ada spesies kantung semar. 

2. Bunga Rafflesia

Lokasi salah satu bunga khas Indonesia ini juga wajib Anda kunjungi. Bunga ini biasa disebut Bunga Padma atau Rafflesia Padma. Jadi jangan bingung jika melihat petujuk jalan yang bertuliskan pada "Bunga Padma".

Sayangnya bunga langka ini tak selalu mekar sepanjang tahun. Bahkan bisa setahun sekali ataupun tidak sama sekali, bergantung pada banyak faktor. KRB memiliki beberapa Bunga Padma yang jadwal mekarnya berbeda-beda. Jadi tidak ada salahnya jika Anda coba mengunjunginya.

3. Taman Meksiko

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.