Kompas.com - 20/05/2017, 13:08 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

BUKITTINGGI, KOMPAS.com - Bukittinggi bisa digadang sebagai salah satu kota wisata andalan di Sumatera Barat. Kehidupan begitu bewarna dengan pariwisata yang maju, roda pereknomian yang berputar cepat.

Di waktu liburan, seluruh hotel di Bukittinggi habis dipesan, seluruh restoran penuh terisi dan saking ramainya tak jarang Kota Bukittinggi ditutup bagi kendaraan bermotor.

Namun tak jauh di bawah Kota Bukittinggi, sekitar 60 meter di bawah permukaan Kota Bukittinggi, terbentang terowongan yang dibangun Jepang dengan panjang enam kilometer.

"Coba perhatikan bangunan di Bukittinggi tak ada yang tinggi, paling tinggi hanya Jam Gadang. Ini karena ditakutkan jika dibangun terlalu tinggi, fondasi akan bertemu dengan Lobang Jepang dan ambruk," kata pemandu wisata Lobang Jepang, Ahmed, Minggu (30/4/2017).

(BACA: Jam Gadang, Ikon Wisata Bukittinggi)

Lobang Jepang saat ini memang dibuka untuk umum sebagai tempat wisata, dengan total panjang 1,5 kilometer yang dapat dijelajah wisatawan. Sisanya ditutup oleh pemerintah.

KOMPAS.COM/ GARRY ANDREW LOTULUNG Lubang Jepang di Bukittinggi, Sumatera Barat
"Konon lobang ini bisa mengarah sampai ke Jam Gadang. Kalau dibuka semua takut oksigennya tak cukup, lagi pula panjang segini saja banyak wisatawan yang nyasar," kata Ahmed.

Untuk masuk ke Lobang Jepang ada dua pintu masuk, satu dari Taman Panorama dan yang ke dua dari pintu masuk samping jalan raya yang mengarah ke Ngarai Sianok.

Ahmed bercerita jika saat pembangunan Lubang Jepang tak ada masyarakat Bukittinggi yang tahu. "Saya pernah tanya orang Bukittinggi, generasi yang hidup tahun 50-an tak ada yang tahu Lobang Jepang ini," kata Ahmed.

(BACA: Inilah Wisata Anti-mainstream ala Bukittinggi)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.