Kompas.com - 24/05/2017, 06:10 WIB
Matahari terbit dilihat dari sebuah pos pengamatan di Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOMatahari terbit dilihat dari sebuah pos pengamatan di Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi.
|
EditorI Made Asdhiana

LUMAJANG, KOMPAS.com - Bila Anda punya kesempatan berlibur ke Lumajang, Jawa Timur, jangan lupa berkunjung ke Perkebunan Teh Kertowono. Anda bisa menikmati beragam keindahan yang di Perkebunan Teh Kertowono.

Wisatawan dengan minat khusus bisa menjajal medan perkebunan teh dengan motor trail. Selain itu, wisatawan juga bisa bermain sepeda di kebun teh.

"Untuk camping, ada tempat yaitu Kampung Baru (KBR) atau Bukit Inspirasi dan di Puncak 74 ada camping ground,"  jelas Rudi.

Di Bukit Inspirasi, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dengan latar gunung dan laut. Gunung-gunung yang terlihat seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro.

Ada juga tur wisata pabrik teh yang bisa dicoba. Wisatawan akan mendapat penjelasan tentang pabrik teh, cara pengelolaan teh, dan juga mencicipi teh.

Berikut foto-foto yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Perkebunan Teh Kertowono.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Rekan-rekan jurnalis dari Jakarta tengah menikmati tur kebun teh menggunakan mobil dengan penggerak empat roda di Perkebunan Teh Kertowono, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa menikmati aneka ragam aktivitas seperti berkemah, berburu matahari terbit, dan juga wisata edukasi teh.
KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Rumah peninggalan Belanda di area Perkebunan Teh Kertowono, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa menyewa rumah peninggalan Belanda itu dengan biaya Rp 450.000 per malam.
KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Jurnalis dari Jakarta mengabadikan suasana matahari terbit dilihat dari Puncak Kampung Baru Raya atau dikenal dengan sebutan Bukit Inspirasi di area Perkebunan Teh Kertowono, Desa Guci Alit, Kecamatan Guci Alit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/5/2017). Wisatawan bisa melihat panorama gunung-gunung seperti Gunung Semeru, Lemongan, Raung, dan Argopuro dari Bukit Inspirasi.
KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Petani Kebun Teh Kertowono tengah memetik pucuk daun teh pada suatu pagi, Senin (10/5/2017). Perkebunan Teh Kertowono berdiri sejak tahun 1910.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.