Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik Berlibur ke Lasem?

Kompas.com - 26/05/2017, 21:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lasem, sebuah kota kecil di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah punya daya tarik sejarah yang kuat. Kota ini terkenal dengan julukan "China Kecil" lantaran sejarah masuknya bangsa China ke Lasem serta peninggalan-peninggalannya.

Lasem pun juga dikenal sebagai destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan saat berada di Pantai Utara Jawa. Selain rumah-rumah bergaya China Hindia, Lasem juga punya wisata alam dan kuliner yang mesti dicoba.

BACA: Mengungkap Daya Tarik Wisata di Lasem yang Caem

Lalu, kapan waktu terbaik untuk berlibur ke Lasem? Kontributor Kesemsem Lasem, Agni Malagina mengatakan wisatawan bisa datang pada bulan-bulan tertentu berdasarkan tujuan wisata yang ingin dilihat di Lasem.

"Kalau mau barengin adat istiadat ritual ada waktu-waktunya. Kalau mau sunset yang bagus banget, ya bulan-bulan ini (Mei-Juni). Bulan-bulan lain sunset-nya payah," kata Agni saat dihubungi KompasTravel, Jumat (26/5/2017).

KOMPAS.com / Garry Andrew Lotulung Pengunjung tengah melihat interiot Klenteng Gie Yong Bio yang terletak di Jalan Babagan No 7, Desa Babagan, Kecamatan Lasem. Atap bangunan Klenteng Gie Yong Bio berbentuk ekor walet. Dari luar, klenteng Gie Yong Bio punya gerbang pintu masuk yang berukirkan aksara China.
Agenda-agenda upacara adat istiadat di Lasem antara lain sembayang Tuhan Allah di kelenteng dan Lawang Ombo, Cengbeng pada bulan April, Haul Eyang Sambu pada bulan September, dan acara-acara lain.

Wisatawan juga bisa melihat suasana pepohonan yang meranggas layaknya di Afrika pada bulan September - Oktober. Suasana tersebut bisa dilihat seperti di sekitar Pantai Caruban dan di Hutan Jati Gunung Bugel.

"Karangturi lagi menjelang Imlek itu bagus. Lalu harian ya bagus kalau di Pecinan asal golden hour ya," jelasnya.

BACA: Liburan ke Lasem? Ini Panduan Transportasinya...

KompasTravel sendiri pernah berkunjung ke Lasem pada bulan Februari lalu. Hampir setiap pagi hari, hujan kerap turun. Menjelang siang, langit di Lasem mulai cerah.

Untuk penggemar fotografi lanskap, dari pengalaman KompasTravel, foto-foto langit cenderung tak berwarna biru. Hanya ada awan-awan putih yang terlihat. Namun, untuk fotografi bangunan, bulan Februari masih direkomendasikan. Sambil menunggu cuaca cerah Anda bisa melakukan wisata yang lain seperti kuliner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com