Kompas.com - 28/05/2017, 10:06 WIB
Taman Ade Irma Suryani alias Taman Topi di Bogor, Jawa Barat. TRIBUNNEWSBOGOR.COM/LINGGA ARVIAN NUGROHOTaman Ade Irma Suryani alias Taman Topi di Bogor, Jawa Barat.
EditorSri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com - Taman Ade Irma Suryani, atau yang lebih akrab disebut Taman Topi di Kota Bogor rupanya memiliki sejarah yang panjang.

Tak banyak yang tahu, kawasan Taman Topi dulunya adalah terminal. Namun sebelum terminal, kawasan tersebut sudah menjadi taman kota. Hal itu diungkapkan oleh Humas Taman Ade Irma Suryani, Basiran.

"Jadi sebelum dibangun terminal, Taman Topi ini dulunya memang taman. Pada sekitar tahun 1990-an melalui pemerintah pusat dibangunlah taman ria ini yang sekarang menjadi Taman Ade Irma Suryani," tutur Basiran kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (25/6/2017). 

Basiran mengatakan bahwa pembangunan Taman Topi merupakan keinginan pemerintah daerah untuk memiliki taman dan lokasi berlibur.

"Dulu taman ria sendiri, Plaza Kapten Muslihat sendiri. Namun tahun 1990 semua dibangun jadi satu," tambahnya.

Menurutnya, eksistensi patung dan nama Kapten Muslihat di Taman Topi adalah untuk mengenang dan menghargai jasa Kapten Muslihat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kenapa ada patung dan nama Kapten Muslihat, karena dulunya Kapten Muslihat berjuang dan tumbang di sekitar Taman Topi dan Jembatan Merah. Beliau berjuang dengan jiwa raganya meski usianya masih muda," tuturnya.

Berita ini diambil dari TribunnewsBogor.com dengan judul asli "Berawal dari Terminal, Taman Ade Irma Suryani Wujud Keinginan Pemerintah Kota Bogor".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.