Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos Air Terjun dengan Kekuatan Menyembuhkan di Kulonprogo

Kompas.com - 28/05/2017, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Kabupaten Kulonprogo di DI Yogyakarta punya banyak destinasi wisata. Salah satunya adalah Air Terjun Kembang Soka yang berlokasi di Desa Jatimulyo.

Air Terjun Kembang Soka baru dibuka sebagai tempat wisata sejak 2015.

"Dulu ada seseorang yang suka bertualang lalu memotret air terjun ini. Kemudian ia mengunggah hasil fotonya ke media sosial," tutur Giono, Wakil Kepala Pengelola Kawasan Wisata Air Terjun Kembang Soka kepada Tribun Jogja. 

Setelah itu, semakin banyak wisatawan yang mengetahui lokasi air terjun tersebut.

"Setelah banyak dikenal di media sosial, ternuata banyak anak-anak muda sekarang yang berdatangan untuk sekadar berfoto atau bersantai di tempat ini," ujar Giono.

Seiring banyaknya wisatawan yang datang, ia dan warga sekitar berinisiatif untuk membangun akses jalan agar mempermudah pengunjung.

"Hingga saat ini seluruh dana yang digunakan untuk membangun fasilitas-fasilitas serta mengembangkan lokasi wisata Air Terjun Kembang Soka ini. Dari dana pemasukan hasil penjualan tiket masuk dan parkir kendaraan," paparnya.

Air terjun ini tepatnya berlokasi di Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Giono mengatakan bahwa dinamakan Kembang Soka karena banyaknya pohon soka di sekitar air terjun tersebut. 

Ia juga mengatakan bahwa konon para leluhur di daerah tersebut percaya bahwa air terjun tersebut berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dulu banyak masyarakat dari luar yang mengambil air di sana untuk menyembuhkan penyakit.

"Zaman dulu ada seorang pengusaha Tionghoa yang jatuh sakit, akibat bisnisnya hampir bangkrut. Lalu ia dan keluarganya datang ke Air Terjun Kembang Soka ini untuk mengambil air dan meminumnya, yang kemudian selang beberapa waktu ia kembali lagi dengan kondisi yang sudah sehat," papar Giono.

Untuk menikmati kecantikan Air Terjun Kembang Soka, wisatawan perlu merogoh kocek Rp 7.000-10.000. Biaya tersebut sudah mencakup tiket masuk dan parkir kendaraan.

Berita ini diambil dari Tribun Jogja dengan judul asli "Air Terjun Kembang Soka Dulunya Dipercaya Masyarakat untuk Menyembuhkan Penyakit".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com