Pemerintah Nias Kembangkan Potensi Bawah Laut Pulau Onolimbu

Kompas.com - 31/05/2017, 03:05 WIB
Pulau Onolimbu menyimpan banyak keindahan yang belum di lihat dari dekat oleh para wisatawan maupun para penghobi bawah laut. KOMPAS.com/HENDRIK YANTO HALAWAPulau Onolimbu menyimpan banyak keindahan yang belum di lihat dari dekat oleh para wisatawan maupun para penghobi bawah laut.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Nias, Sumatera Utara, butuh anggaran besar untuk mulai mengembangkan potensi wisata bawah laut untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan ke daerah tersebut. Salah satu destinasinya adalah Pulau Onolimbu Kecil di Kecamatan Idanogawo.

Pulau Onolimbu Kecil berada di timur Kabupaten Nias dengan luas pulau 200 meter persegi. Pulau ini dapat ditempuh selama dua jam dari Kota Gunungsitoli.

Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli, menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Nias memiliki potensi wisata bawah laut yang tidak kalah menarik dengan yang dimiliki daerah lain di Indonesia. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat berkunjung ke Kepulauan Nias. Pemerintah Nias tahun ini butuh anggaran hampir 2 triliun untuk pengembangan wisata.

"Nias dengan lautnya yang tinggal sedikit namun memiliki banyak potensi wisata alam bawah laut yang tidak kalah menarik dengan daerah lainnya seperti Raja Ampat dan Bali," tegas Sokhiatulo Laoli di ruang kerjanya, Selasa (30/05/2017).

Ia mengatakan bahwa pihaknya sedang berupaya menggenjot sarana dan infrastruktur wisata menuju titik-titik lokasi wisata bawah laut. Namun salah satu program yang paling dikebut saat ini yakni pembukaan badan jalan menuju sejumlah titik-titik obyek wisata sepanjang 48 Km yang menghubungkan Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nias Selatan. Proyek ini membutuhkan anggaran sebesar Rp 1,6 triliun.

“untuk mengangkat potensi itu saat ini tengah membuka ruas jalan sepanjang 48 Km, dan itu butuh anggaran besar. Nantinya akan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat di sepanjang jalur pantai,” jelasnya.

Ia menguraikan pengembangan wisata bawah laut dan wisata lainnya telah masuk dalam rencana induk pembangunan pariwisata Kabupaten Nias yang telah dan sedang dilaksanakan.

"Salah satu yang kami genjot saat ini yaitu wisata selam (diving), snorkeling dan lokasi pemancingan di Pulau Onolimbu," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Nias berusaha mencapai target kunjungan 5.000 wisatawan mencanegara tahun ini. Untuk itu, pemerintah setempat akan menggelar event wisata tahunan bertajuk Pesona Nias.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X