Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memesan Tiket Pesawat Mudik "Last Minute"

Kompas.com - 31/05/2017, 07:15 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik biasanya menjadi momen yang ditunggu-tunggu saat akhir bulan Ramadhan. Masyarakat akan berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk bertemu keluarga dan merayakan Lebaran bersama.

Chief Officer Communication dan Co-Founder Tiket.com, Gaery Undarsa mengatakan biasanya masyarakat Indonesia khususnya di Jakarta punya kebiasaan memesan tiket pesawat mendekati Lebaran.

Kebiasaan tersebut memesan jelang keberangkatan tersebut dikenal dengan sebutan last minute booking.

"Kalau pesawat itu sudah lama dibukanya tapi gak habis. Slotnya banyak. Tendensinya pesan last minute," kata Gaery saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

(BACA: Seperti Apa Kebiasaan Pemudik Saat Pesan Tiket Pesawat?)

Lalu bagaimana tips-tips untuk mrndapatkan tiket pesawat mudik secara last minute booking? Gaery memberikan beberapa tips-tips terkait hal tersebut.

1. Hindari pergi akhir pekan

Pada masa-masa last minute booking menjelang Lebaran, harga tiket pesawat sudah dipastikan akan melonjak. Gaery menyarankan agar menghindari pergi pada akhir pekan.  

"Harga pasti lebih mahal kalau weekend. Hari Minggu atau Senin, itu pasti harganya dua kali lipat," ujar Gaery.

2. Pergi dari Jakarta

Menurut Gaery, bila tinggal di ibu kota, memilih pergi dari Bandara Soekarno-Hatta bisa lebih murah dibandingkan pergi di bandara lain seperti Halim Perdanakusuma atau Husein Sastranegara. Hal itu lantaran banyak penerbangan yang dilayani dari Bandara Soekarno-Hatta.

"Pergi dari Jakarta itu lebih murah karena pesawat lebih banyak. Ada persaingan antar-maskapai jadi lebih murah.  Kalau niat banget sih bisa pergi ke Bandung dulu atau pergi ke Halim," tambahnya.

3. Lupakan waktu pemesanan

Meski sudah last minute booking, masa pemesanan baik pagi atau malam tak berpengaruh. Pasalnya, pemesanan tiket pesawat last minute hanya tergantung pada ketersediaan tiket pesawat.

4. Manfaatkan aplikasi pemesanan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com