Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Pariwisata di Pulau Terluar, Sulut Kirim 10 Pelajar ke China

Kompas.com - 31/05/2017, 23:05 WIB

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meminta 10 pelajar dari pulau terluar Miangas untuk dikirim belajar ke China. Hal itu menurut Olly sebagai bagian dari strategi mengembangkan sektor pariwisata di Pulau Miangas yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Miangas merupakan salah satu dari 11 pulau terluar yang ada di Sulut, dan berbatasan dengan Filipina. Di China, mereka akan belajar bahasa dan budaya Negeri Tirai Bambu tersebut selama enam bulan.

"Ini sebagai bentuk dukungan pemerintah provinsi untuk memperkuat sektor pariwisata di daerah perbatasan. Nantinya turis China bisa berwisata di Miangas dengan kemudahan berkomunikasi," kata Olly saat melakukan kunjungan ke Miangas, Rabu (31/5/2017).

Menurut Olly, pembangunan pariwisata tidak hanya soal infrastuktur tetapi juga meliputi pengembangan Sumber Paya Manusia. Camat Miangas, Steven Maarisit, memaparkan potensi pariwisata yang dimiliki pulau eksotis tersebut

"Kami mohon bantuan Pak Gubernur agar sektor pariwisata di Miangas dapat dikembangkan. Karena selama ini hampir semua warga Miangas bekerja sebagai nelayan," kata Steven.

Sulut memang menjadikan wisatawan asal Tiongkok sebagai target utama untuk mengejar jumlah kunjungan wisatawan. Saat ini sudah ada penerbangan langsung dari Manado menuju ke tujuh kota besar di China. Tahun 2017 ini, Pemerintah Provinsi Sulut menargetkan 30.000 wisatawan China berkunjung ke Sulut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com