Kompas.com - 03/06/2017, 08:07 WIB
EditorI Made Asdhiana

PONTIANAK, KOMPAS.com - Sotong pangkong meramaikan kuliner khas Ramadhan di kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Kuliner ini banyak ditemui di sepanjang Jalan Merdeka Pontianak, mulai sore hingga malam hari.

Seorang penjual sotong pangkong, Sandi (39), di Pontianak, Rabu (31/5/2017), mengaku sudah tiga tahun terakhir ini berjualan sotong pangkong di Jalan Merdeka saat Ramadhan.

"Jualan musiman ini, saya lakukan untuk menambah penghasilan tambahan di bulan Ramadhan. Dan hasilnya lumayan bisa sebagai tambahan dalam merayakan Lebaran di keluarga kami," ungkapnya.

(BACA: Seperti Apa Tren Kuliner Indonesia di Mata Anak Muda?)

Dalam menjual sotong pangkong, Sandi dibantu istri dan anaknya. Ia mematok harga per porsi tergantung besar kecilnya sotong pangkong. Satu porsi sotong pangkong ukuran kecil Rp 20.000 hingga Rp 30.000.

"Sesuai besar kecilnya sotong pangkong," ujarnya.

KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Sotong dipanggang terlebih dahulu selama beberapa saat sebelum dipukul-pukul hingga pipih.
Ia mengatakan para pengunjung yang datang ke tempatnya untuk menikmati jajanan sotong pangkong tidak hanya masyarakat kota Pontianak, melainkan tidak sedikit dari luar kota yang kebetulan menginap di Pontianak.

(BACA: Serba-serbi Gonggong, Simbol Tanjungpinang yang Tak Sekadar Kuliner)

Penikmat sotong pangkong mulai anak-anak, remaja, hingga orang tua. Mereka duduk beralas karpet, menikmati kuliner itu sambil bercengkerama, baik bersama keluarga maupun para teman.

"Pengunjung juga dapat menikmati udara malam hari di kota Pontianak," ujarnya.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.