Urus Visa Arab Saudi untuk Umrah, Bisakah Langsung ke Kedubes?

Kompas.com - 03/06/2017, 14:28 WIB
Jutaan jemaah haji di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. ReutersJutaan jemaah haji di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergi ke luar negeri tak semuanya menerapkan bebas visa seperti negara Arab Saudi. Sehingga, perjalanan umrah pun harus memiliki visa yang diurus oleh travel agent.

"Setahu saya Arab Saudi tak bisa mengurus visa sendiri," kata salah seorang warga Jakarta, Sri kepada KompasTravel, Jumat (2/6/2017).

Menurut penulis buku "Umroh Backpacker: A to Z Umroh Ala Backpackeran", Elly Basrah Lubis, visa ke Arab Saudi tak bisa diurus sendiri langsung ke kedutaan seperti negara-negara lain. Ia mengatakan pengurusan visa ke Arab Saudi mesti dibantu oleh travel agent.

(BACA: Mungkinkah Pergi Umrah Seorang Diri? Ini Jawabannya...)

"Prosedurnya untuk awam itu harus ada manifest dulu dari travel yang ada kop suratnya. Meski sendiri, orang harus tetap gabung travel atau minimal minta pengajuan visa. Kita tak bisa mengajukan visa langsung ke kedutaan," jelasnya.

Ia mengatakan travel agent atau provider visa nantinya akan membantu mengurus pengajuan visa. Provider adalah travel agent yang ditunjuk oleh Kedutaan Besar Arab Saudi dan Kementerian Haji Saudi untuk bekerja sama dengan muassasah.

"Setelah itu dikirim manifestnya ke Saudi. Nanti dikirim MOFA, paspor dan tiket," tambahnya.

MOFA (Ministry of Foreign Affairs) adalah voucher konfirmasi dari Kementerian Haji Saudi untuk calon jemaah umrah. Sebelum mengajukan visa ke KBSA, setiap harus memiliki MOFA.

"Setelah dapat MOFA, baru pergi ke Kedutaan Besar Arab Saudi untuk menstempel MOFA menjadi visa umrah," ujar Elly.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X