Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliner dan Budaya Indonesia Dipromosikan di Denmark

Kompas.com - 05/06/2017, 09:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah terus berupaya mempromosikan kuliner dan budaya Indonesia melalui keikutsertaan pada acara tahunan Explore The World With Aarhus 2017 pada 2-3 Juni 2017 di Aarhus City, Jutland, Denmark.

Duta Besar Indonesia untuk Denmark merangkap Republik Lithuania, Ibnu Said mengatakan dalam acara tahunan tersebut pihaknya mempromosikan budaya dan kuliner Nusantara untuk menarik minat warga negara Denmark berwisata ke Indonesia.

"Partisipasi Indonesia untuk memperkenalkan budaya dan kuliner Indonesia. Utamanya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Denmark ke Indonesia," kata Ibnu Said, dalam keterangan tertulis, Minggu (4/6/2017).

(BACA: Kuliner Indonesia Tarik Perhatian Masyarakat Denmark)

Ibnu Said mengatakan selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia, diharapkan juga mampu meningkatkan kerja sama khususnya antara Indonesia dan Denmark yang sudah terjalin selama 67 tahun.

Dalam kesempatan itu, beberapa kuliner khas Indonesia yang disuguhkan gratis kepada para pengunjung adalah rendang dan kue carabikang yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan santan kelapa.

Secara khusus, Indonesia diundang untuk berpartisipasi dalam acara festival yang mempromosikan wisata, budaya, kuliner dan belanja bagi masyarakat Denmark. Festival tersebut diadakan sehubungan dengan penunjukan Kota Aarhus sebagai pusat ibu kota kebudayaan Eropa tahun 2017.

(BACA: Indonesia Promosi Pariwisata hingga ke Timur Jauh Rusia)

Selain Indonesia, negara-negara lain yang berpartisipasi antara lain Thailand, Ghana, Burkina Faso, Venezuela, dan negara-negara anggota Uni Eropa.

Kegiatan yang dilakukan terdiri dari pagelaran budaya, promosi pariwisata dan kuliner Indonesia serta melakukan parade keliling kota Aarhus.

Pengunjung Festival yang bertemakan "Explore the World - Pictures of the World" tersebut diperkirakan mencapai 150-200 ribu orang.

Beberapa pendukung acara pada stand Indonesia antara lain adalah tour Operator Denmark yang secara khusus menjual paket tur wisata ke Indonesia, toko aksesoris khas lndonesia, restoran produk makanan Indonesia, dan kopi khas Indonesia.

ARSIP KEMENPAR Festival Tidore 2017 di Kepulauan Tidore, Maluku Utara dimulai sejak 29 Maret 2017 hingga acara puncak pada 12 April 2017.
Selain itu, juga memperkenalkan beberapa budaya Indonesia seperti tarian dari Nusa Tenggara Timur, Sumatera Barat, Bali, Maluku dan wilayah lain yang didukung oleh diaspora Indonesia di Denmark.

Keikutsertaan Indonesia pada festival tersebut bertujuan untuk mendukung kegiatan promosi Trade Tourism Investment (TTI), khususnya mendorong tercapainya 15 juta wisman ke Indonesia pada 2017.

Tercatat, saat ini wisatawan asal Denmark dan sekitarnya yang berkunjung ke Indonesia baru sebanyak 30.000 wisatawan per tahun, dan diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi di Denmark.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com