Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kiat Agar Liburan Tetap Menyenangkan saat Puasa

Kompas.com - 06/06/2017, 07:05 WIB

KOMPAS.com - Berpuasa bukanlah halangan untuk traveling. Anda masih bisa melakukan perjalanan, menikmati alam, berkenalan dengan warga lokal, serta mencicipi kuliner setempat.

Namun, ada beberapa kiat khusus jika Anda ingin traveling saat berpuasa. Jangan sampai Anda terlalu lelah, sehingga ibadah puasa tidak maksimal.

Berikut 7 kiat agar liburan tetap menyenangkan saat puasa, seperti dikutip dari Nova.

Siapkan fisik

Stamina tubuh orang berpuasa tentu berbeda dengan mereka yang tidak berpuasa. Jaga asupan makanan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi saat sahur. Jangan lupa juga tidur yang cukup, agar stamina Anda terjaga seharian.

Pilih destinasi wisata

Singkirkan dahulu keinginan untuk naik gunung atau menyelam. Saat bulan Ramadhan, Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi dalam ruangan seperti museum. Anda juga bisa ngabuburit di taman kota sambil mencari takjil dan makanan untuk berbuka. 

Utamakan kenyamanan

Pilihlah transportasi dan akomodasi yang nyaman. Misal saat ke luar kota, cobalah menyewa mobil dibanding motor.

Mobil bisa melindungi Anda dari sengatan matahari dan begitu sampai di tujuan, tenaga Anda juga tidak jauh berkurang. Begitu pun dengan hotel. Hotel yang nyaman akan membuat Anda bisa beristirahat dengan berkualitas.

Rencana perjalanan 

Buatlah rencana perjalanan yang santai dan tidak terburu-buru. Misal, dalam satu hari cobalah datangi 1-2 tempat wisata. Maksimalkan waktu berkunjung ke dua tempat tersebut.

Banyak istirahat

Istirahat sangat penting dilakukan di tengah ibadah puasa. Cobalah istirahat sejenak beberapa kali sehari, misal usai menunaikan ibadah shalat.

Siapkan makanan dan minuman

Meski berpuasa, tetap siapkan makanan dan minuman di dalam tas. Siapa tahu ketika waktunya berbuka, Anda belum menemukan penjual makanan atau minuman.

Tahu batasan

Ketahui batasan tubuh saat traveling. Utamakan kesehatan dan keselamatan. 

Artikel ini diambil dari Nova dengan judul asli "Tak Kalah Seru, 7 Kiat Agar Liburan saat Puasa Tetap Menyenangkan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com