Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Diplomatik, Wisman Qatar Bisa Liburan ke Bali

Kompas.com - 06/06/2017, 21:06 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan dari Qatar ke Indonesia dinilai bisa meningkat secara jumlah, meski negara tersebut tengah dilanda krisis diplomatik. Hal itu lantaran wisatawan Qatar bakal mencari destinasi wisata lain untuk berlibur.

"Wisatawan Qatar itu karena sudah diembargo gak bisa ke Eropa, Timur Tengah. Nanti bisa cari tujuan wisata lain," kata Ketua Tim Percepatan Wisata Halal Kementerian Pariwisata, Riyanto Sofyan saat dihubungi KompasTravel, Selasa (6/6/2017).

Ia mengatakan wisatawan asal Qatar bisa memilih Bali sebagai tempat liburan. Soalnya, Qatar memiliki akses penerbangan langsung ke Jakarta dan Bali.

"Justru bisa menambah wisatawan Qatar ke Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, jumlah wisatawan Qatar yang berpotensi untuk mengunjungi Indonesia sebanyak 200.000 orang. Sedangkan, jumlah warga negara di Qatar sendiri mencapai dua juta orang.

"Biasanya wisatawan Qatar ke Abu Dhabi atau Dubai. Kalau tak bisa, jadi pergi ke tempat lain. Ya, seperti ke Bali," tambah Riyanto.

Tujuh negara di kawasan Teluk yaitu Arab Saudi, Mesir, Bahrain, Libya, Uni Emirat Arab, Yaman dan Maladewa memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar.

Alasannya, Qatar dituding melakukan langkah yang mengganggu keamanan kawasan Teluk.

Kantor berita Arab Saudi SPA menyebutkan bahwa Riyadh telah menutup perbatasannya dan memutus seluruh kontak darat, laut, dan udara dengan negara di Semenanjung Arab itu.

Qatar menyebut keputusan itu tak bisa dibenarkan dan tidak didasarkan pada fakta-fakta.

Abu Dhabi menuduh Qatar mendukung, mendanai, dan merangkul terorisme, ekstremisme dan organisasi sektarian, kata kantor berita negara itu, WAM.

Maskapai penerbangan Etihad Airways, Emirates dan Flydubai akan menghentikan semua penerbangan ke dan dari ibu kota Qatar, Doha mulai Selasa (6/6/2017). Tiga negara Teluk mengatakan, mereka menutup wilayah udara dari Qatar Airways.

************************

Ingin mencoba wisata cruise gratis Singapura - Malaka - Singapura? Caranya gampang, ikuti kuis dari Omega Hotel Management di sini. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com