Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Koki Asal Turki Pergi ke Pasar, Apa Jadinya?

Kompas.com - 07/06/2017, 16:39 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - "Saya mau beli bawang bombay. Tolong satu kilo bawang," ujar Sezai Zorlu, koki asal Turki seraya berbincang dengan pedagang sayur Pasar Santa, Jakarta, Senin (5/6/2017) lalu.

Ia tampak bersemangat sejak menuruni tangga pasar. Sezai langsung menuju ke penjual sayur lainnya untuk membeli jinten.

"Ini bukan jinten yang bagus," kata laki-laki berumur 43 tahun itu seusai menyesap wangi jinten yang ditaburkan oleh penjual di tangannya.

Sezai meninggalkan penjual jinten. Ia kembali menuju pelataran parkir Pasar Santa. Di sana, peralatan masak seperti kompor, wajan, dan beberapa bumbu memasak sudah menunggunya.

(BACA: 9 Makanan Khas Turki yang Patut Dicoba)

Selama di Pasar Santa ia tampak tak bingung dengan keadaan pasar. Ia berjalan dengan langkah cepat. Tak ada perasaan takut tersasar di pasar.

"Ketika ke pasar enak banget sih. Saya suka banget turun ke rakyat. Saya suka humanisme. Buat saya manusia adalah manusia," kata Sezai saat berbincang dengan KompasTravel.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Suasana area penjual sayuran dan bahan-bahan makanan di Pasar Santa, Jakarta, Senin (5/7/2017).
Sezai yang juga ahli dalam masakan Kerajaan Ottoman itu lalu sibuk dengan alat-alat masaknya. Ia memasak nasi dan juga meracik bumbu untuk ayam rebusnya. Sezai bakal memasak kuliner rumahan Turki yang bernama Soganli Tavuk.

(BACA: Kenapa Turis Indonesia Terpikat Pelesir ke Turki?)

Di samping singgasana masaknya, ada mobil-mobil yang terparkir. Orang-orang berlalu lalang. Sesekali mereka mampir melihat Sezai yang asyik mengaduk-ngaduk nasi yang ada di wajan.

"Saya senang jalan-jalan ke pasar cari ilmu karena kadang apa saja bisa dapat di pasar, di resto bintang lima gak dapat. Saya bisa makan di pinggir jalan, makan sate ayam. Yang penting enak," ujarnya.

Sezai di Indonesia kini berbisnis kuliner Turki. Ada Warung Turki di area Kemang dan Turkuaz di Gunawarman, Jakarta Selatan. Ia sendiri adalah pemilik kedua restoran bernafaskan Turki tersebut.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Area pelataran parkir Pasar Santa, Jakarta, Senin (5/6/2017). Pasar Santa adalah salah satu pasar di Jakarta yang menyediakan sayur dan aneka daging.
Pernah dipalak preman dan tetap cinta pasar

Kesukaannya pada pasar-pasar di Indonesia mulai terasa pada tahun 1999. Ketika itu ia pertama kali datang ke Pasar Tanah Abang.

“Pertama kali ke pasar di Indonesia itu di Tanah Abang itu takut. Banyak preman, turun dari mobil itu diminta duit. Itu cuma turun naik aja,” ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com