Kompas.com - 07/06/2017, 16:39 WIB
Koki asal Turki, Sezai Zorlu tengah membeli bawang bombay di Pasar Santa, Jakarta, Senin (5/6/2017). Sezai pertama kali datang ke pasar di Indonesia pada tahun 1999. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOKoki asal Turki, Sezai Zorlu tengah membeli bawang bombay di Pasar Santa, Jakarta, Senin (5/6/2017). Sezai pertama kali datang ke pasar di Indonesia pada tahun 1999.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - "Saya mau beli bawang bombay. Tolong satu kilo bawang," ujar Sezai Zorlu, koki asal Turki seraya berbincang dengan pedagang sayur Pasar Santa, Jakarta, Senin (5/6/2017) lalu.

Ia tampak bersemangat sejak menuruni tangga pasar. Sezai langsung menuju ke penjual sayur lainnya untuk membeli jinten.

"Ini bukan jinten yang bagus," kata laki-laki berumur 43 tahun itu seusai menyesap wangi jinten yang ditaburkan oleh penjual di tangannya.

Sezai meninggalkan penjual jinten. Ia kembali menuju pelataran parkir Pasar Santa. Di sana, peralatan masak seperti kompor, wajan, dan beberapa bumbu memasak sudah menunggunya.

(BACA: 9 Makanan Khas Turki yang Patut Dicoba)

Selama di Pasar Santa ia tampak tak bingung dengan keadaan pasar. Ia berjalan dengan langkah cepat. Tak ada perasaan takut tersasar di pasar.

"Ketika ke pasar enak banget sih. Saya suka banget turun ke rakyat. Saya suka humanisme. Buat saya manusia adalah manusia," kata Sezai saat berbincang dengan KompasTravel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Suasana area penjual sayuran dan bahan-bahan makanan di Pasar Santa, Jakarta, Senin (5/7/2017).
Sezai yang juga ahli dalam masakan Kerajaan Ottoman itu lalu sibuk dengan alat-alat masaknya. Ia memasak nasi dan juga meracik bumbu untuk ayam rebusnya. Sezai bakal memasak kuliner rumahan Turki yang bernama Soganli Tavuk.

(BACA: Kenapa Turis Indonesia Terpikat Pelesir ke Turki?)

Di samping singgasana masaknya, ada mobil-mobil yang terparkir. Orang-orang berlalu lalang. Sesekali mereka mampir melihat Sezai yang asyik mengaduk-ngaduk nasi yang ada di wajan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X