Panduan Menjelajah Goa Sunyaragi, Cirebon

Kompas.com - 07/06/2017, 21:03 WIB
Taman sari Goa Sunyaragi di Cirebon, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Taman ini merupakan bangunan batu bata dengan dekorasi batu karang.
KOMPAS/LUSIANA INDRIASARITaman sari Goa Sunyaragi di Cirebon, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Taman ini merupakan bangunan batu bata dengan dekorasi batu karang.
EditorSri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com - Bicara soal destinasi wisata di Cirebon, tentu tak lepas dari Taman Sari Goa Sunyaragi. Kompleks goa tersebut dikenal sebagai tempat peristirahatan Kasepuhan Cirebon dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang. 

Taman Sari Goa Sunyaragi berlokasi di Jalan Brigjen AR Dharsono, Kota Cirebon, Jawa Barat. Wisatawan dapat melihat arsitektur goa yang terbuat dari batuan karang, dengan bangunan pelengkap layaknya taman.

Destinasi wisata ini cocok dijadikan lokasi ngabuburit saat liburan atau pulang kampung ke Cirebon. Sebelum menyambanginya, simak beberapa tips berikut yang dikutip dari Nova.

Bawa pelindung kepala

Sebagian besar area Goa Sunyaragi adalah tempat terbuka. Anda akan langsung merasakan sengatan sinar matahari khas pesisir utara Jawa.

Oleh karena itu, bwalah pelindung kepala. Topi sangat membantu, juga sunblock dan kaca mata hitam.

Waspada

Taman Sari Goa Sunyaragi punya beberapa goa yang bisa dimasuki oleh wisatawan. Beberapa goa tersebut bernama Goa Peteng, Goa Pengawal Goa Pawon, Goa Arga Jumut, dan lainnya.

Pintu goa didesain rendah, sehingga Anda harus menunduk saat memasukinya. Agar tidak terantuk bangunan dan bagian atas pintu yang terbuat dari karang tajam, selalu waspada saat memasuki goa.

Selain itu, terdapat pula beberapa kolam dengan kedalaman hingga lima meter. Jika membawa anak-anak, awasi pergerakan agar tidak terjadi kecelakaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X